Camping Ground Tikus Emas

Estimasi Penggunaan Sumber Air Baku di Belitung, Hingga Akhir Oktober

05, September 2019 - 09:11 PM
Reporter : adithan
Doc
Doc

Berita Bangka Belitung Terkini - Bangka Terkini, Belitung --- Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Mikron Antariksa lakukan kunjungan di tiga lokasi sumber air baku atau kolong retensi yang ada di Kabupaten Belitung, Kamis (05/09/2019).

Dalam kunjungan tersebut, Mikron mengatakan kondisi terkini dari tiga sumber air yang ada cukup memprihatinkan, salah satu di antaranya sudah mengalami kekeringan yakni kolong retensi Air Serkuk, sementara dua kolong retensi lainnya yakni kolong retensi Dukong dan Perawas masih bisa mengaliri sebanyak 2.400 pelanggan PDAM.  

" Dengan melihat kondisi tersebut, estimasinya penggunaan sumber air baku kolong retensi itu di perkirakan sampai dengan akhir bulan Oktober mendatang masih bisa mengairi kebutuhan air pelanggan PDAM sebanyak 2.400 pelanggan itu," akuinya.

Sedangkan masyarakat yang bukan pelanggan PDAM, dilanjutkannya hingga detik ini masih bisa gunakan air sumur, sumur bor dan kolong ada di sekitarnya.

" Untuk tanam tumbuh seperti padi sampai detik ini juga masih tumbuh walaupun terancam punah, namun itu juga tidak berakibat masif kepada masyarakat karena padi tersebut hanya untuk konsumsi pribadi walaupun terkadang juga dijual kepada masyarakat sekitar," tutup Mikron. (AsF)