Camping Ground Tikus Emas

Saka Kalpataru Gelar Persami di Sungai Upang

14, January 2020 - 12:47 PM
Reporter : adithan
Doc media online babel
Doc media online babel

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Perhimpunan Pramuka yang tergabung dalam Satuan Karya (Saka) Kalpataru melaksanakan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) di tepian Sungai Upang, Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar, Minggu (12/01/2020) kemarin.

Perkemahan yang dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 12 Januari tersebut sekaligus rangkaian dari peringatan Gerakan Sejuta Pohon Dunia dan Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

Ketua Saka Kalpataru, Yuli Tulistianto mengungkapkan persami merupakan agenda rutin bulanan. Namun yang menjadi spesial perkemahan kali ini yaitu bertepatan dengan rangkaian kegiatan peringatan Hari Gerakan Sejuta Pohon dan Lingkungan Hidup Indonesia.

" Disamping melakukan perkemahan, kita juga memberikan edukasi dan pelestarian lingkungan dalam bentuk penanaman ratusan pohon jambu ubak di tepian Sungai Upang. Penanaman tersebut merupakan salah satu bentuk aksi nyata dalam menjaga dan merawat ekosistem khususnya tepian Sungai Upang," ucapnya.

" Memang kegiatan penanaman ini sesuai dengan tugas dari saka kalpataru yang berupaya untuk melakukan konservasi lingkungan. Jadi kita sandingkan saja antara perkemahan sabtu minggu dengan gerakan menanam sejuta pohon dunia," lanjutnya.

Lanjutnya, berbagai materi terkait pelestarian lingkungan diberikan bagi para peserta. Bahkan yang menjadi spesial perkemahan kali ini juga dihadiri oleh salah satu peraih penghargaan kalpataru pada tahun 2015 silam yaitu Dian Rossana Anggraini dan turut memberikan edukasi serta motivasi kepada peserta kemah.

Sementara itu, Pamong Saka Kalpataru, Imam Sasmito mengungkapkan perkemahan kali ini diikuti oleh 72 peserta yang berasal dari anggota Saka Kalpataru, Saka Bayangkara, Bangka Flora Society, dan Salam Upang.

Lebih lanjut, salah satu peserta perkemahan, Eliya merasa senang dapat mengikuti perkemahan kali ini. Menurutnya disamping menambah pertemanan, juga meningkatkan wawasan khususnya terhadap lingkungan. Para peserta juga berkesempatan untuk menyusuri sungai menggunakan perahu dan menikmati keindahan Sungai Upang.

" Disini kami mendapatkan pembelajaran dari pemateri yang sangat berkompeten. Sehingga meningkatkan pengetahuan kami tentang alam seperti berbagai macam jenis pohon beserta karakteristiknya dan bagaimana cara melestarikan lingkunhan," tukas siswi SMAN 1 Pemali tersebut. (Rap)