Camping Ground Tikus Emas

Ekonomi Anjlok, KSPSI Babel Minta Erzaldi Ambil Langkah Dari Sisi Pertambangan

10, May 2020 - 09:57 PM
Reporter : adithan
Wakil Sekretaris KSPSI Babel, Ricky Pratama
Wakil Sekretaris KSPSI Babel, Ricky Pratama

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Bangka Belitung (Babel), meminta Gubernur Erzaldi segera ambil langkah kongkrit terkait pengembalian kondisi perekonomian.

Hal tersebut ditegaskan Wakil Sekretaris KSPSI Babel, Ricky Pratama, Minggu (10/05/2020).

Diakui Ricky, Tak sedikit laporan yang diterima organisasi yang menaungi para pekerja di Babel, khususnya perihal Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah pandemi Covid-19 (Coronavirus) sehingga berimbas buruk terhadap pertumbuhan ekonomi.

" Ini mesti dipikirkan pemerintah, kita harap segera ada solusi pemulihan terhadap sektor-sektor usaha ini," ungkapnya.

Dijelaskan Ricky, pihaknya merasakan keputusan PHK pekerja di Babel yang terus melonjak sejak 2019 kemarin sebelum merebak wabah corona, " Khususnya di sektor industri pertimahan hingga meledak hingga mencapai angka 3.531 terhitung tanggal 28 April 2020," terangnya.

Terkait perihal tersebut, Ricky berharap langkah pemulihan kondisi perekonomian harus segera dilakukan. Pihaknya menilai, sektor pertimahan solusi terbaik untuk mengembalikan situasi, minimal bisa menstabilkan perekonomian pasca Covid-19. " Kita tawarkan solusi agar pertimahan di Babel dapat segera dihidupkan kembali, atau ada solusi lain kita minta pemerintah buka lapangan kerja skala besar bagi masyarakat yang di-PHK," tegasnya.

" Suka tidak suka, pertimahan ini memang merupakan menyumbang banyak terhadap pertumbuhan ekonomi di Babel. Kontribusinya besar, saya rasa ini solusi terbaik. Bayangkan jika semua smelter bisa beroperasi berapa tenaga kerja yang diserap, satu smelter saja bisa menampung 200 pekerja," pungkas anggota Dewan Pengupahan Babel ini. (*)