Camping Ground Tikus Emas

Pemprov Babel dan Pemkab Bangka Tengah Lakukan Penyiapan Normalisasi Sungai Kurau

11, March 2021 - 08:42 AM
Reporter : adithan
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat tinjau Sungai Kurau Bangka Tengah.
Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman saat tinjau Sungai Kurau Bangka Tengah.

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Pemerintahan Provinsi Bangka Belitung (Pemprov) bersama Pemerintahan daerah (Pemda) Bangka Tengah merencanakan penyiapan penataan dan normalisasi Sungai Kurau, bertempat di gedung TPI desa kurau Timur.

Bupati Algafry Rahman menyampaikan, ini merupakan langkah harmonisasi antara pemprov dan kabupaten Bangka Tengah. " Yang mana kita akan memperindah Sungai Kurau, dengan menormalisasi nya dan melakukan penataan," ungkapnya, Rabu (10/03/2021) kemarin.

" Semoga masyarakat bisa mendukung rencana penataan dan normalisasi sungai Kurau, karena tanpa adanya dukungan dari masyarakat, tentunya pemerintah daerah akan kesulitan untuk memulainya," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, yang mana badan sungai semakin sempit karena ada sedimentasi sungai dan adanya bangunan rumah. Nah, ini hatus kita kembali fungsikan atau kita normal kembali," ujarnya.

Nantinya dalam relokasi  ini, masyarakat jangan sampai salah sangka, karna kita tidak akan mengganti karena itu masuk alur sungai. Tetapi kita akan menyiapkan tanah nya, karena tanah yang kita siapkan itu sudah bersertifikat karena kita sudah bekerjasama dengan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Erzaldi juga menyampaikan, normalisasi sungai ini juga memiliki banyak manfaat. Karena masyarakat desa Kurau ini 90 persen adalah Nelayan.

" Yang biasanya kalau Nelayan mau ke laut atau ke darat, harus menunggu air pasang. Tapi ini mereka gak perlu lagi menunggu pengaruh air pasang surut. Dan perencanaan ini betul - betul memberikan manfaat ke masyarakat desa kurau serta Badan Sungai yang tertata dengan rapi," tutupnya. (BOM)