Camping Ground Tikus Emas

Petani Padi Desa Namang Panen Padi bersama Wakil Bupati Bangka Tengah

07, July 2021 - 06:37 AM
Reporter : A Abu Bakar
Foto : Ilham Febry
Foto : Ilham Febry

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Petani Desa Namang Panen Padi bersama Wakil Bupati beserta Dinas Pertanian Bangka Tengah di musim Tanam II tahun 2021 kelompok Tani Pacir jaya Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Selasa (06/07/2021).

Wakil Bupati Bangka Tengah Hery Erfian mengatakan, Konsumsi Beras masih mengharapkan dari segi impor untuk memenuhi beras Nasional termasuk Kabupaten Bangka Tengah masih bergantung dari Luar Daerah. sehingga Pemerintah Bangka Tengah melakukan kegiatan cetak sawah di desa Namang dan Belilik pada tahun 2009.

" Pada tahun 2017 pemerintah melaksanakan Cetak Sawah di Desa Kerakas, Teru dan Sungai selan atas, tetapi dari cetak Sawah tersebut masih luas di desa namang dan belilik yakni 108 Hektar. Ini merupakan lumbung utama penghasil Beras sebagai upaya pemenuhan pangan masyarakat yaitu sebanyak 5,8ton/H pada tahun 2020 dengan penanaman padi 2 kali dalam setahun dan pada tahun 2021 ini sebanyak 6,2ton/H giling kering sehingga sudah mendekati target Nasional," terangnya.

Selain melakukan Panen Bersama, pemerintah Bangka Tengah melalui Dinas Pertanian turut memberikan bantuan satu buah mesin Combine Harvester Mini untuk mempermudah kegiatan pemanenan Padi. Agar semangat Petani harus tetap konsisten untuk menanam Padi sehingga lahan tetap produktif dan masyarakat semakin berdaya dan mandiri.

" Harapan kedepannya, agar perluasan area bisa di tingkatkan lagi sehingga tercapainya target tanam padi yang berdampak pada berhasilnya peningkatan tanam padi di kabupaten Bangka Tengah," harap Herry Erfian. (BOM)