Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Mengulik Fitur Keamanan di Aplikasi dan Media Sosial'

adithan
Webinar Literasi Digital Kab. Bangka 'Mengulik Fitur Keamanan di Aplikasi dan Media Sosial'
Doc

BANGKA BELITUNG TERKINI --- Rangkaian Webinar Literasi Digital di Kab. Bangka dilaksanakan pertama kali di bulan Juli 2021 Pada Selasa, 13 Juli 2021 pukul 09.00-12.00, telah dilangsungkan Webinar bertema Mengulik Fitur Keamanan di Aplikasi dan Media Sosial.

Kegiatan massif ini diinisiasi dan diselenggarakan oleh Direktorat Pemberdayaan informatika Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI yang bertujuan mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif-nya untuk mengidentifikasi hoaks serta mencegah terpapar berbagai dampak negatif penggunaan internet.

Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 mencapai 202,6 juta jiwa. Total jumlah penduduk Indonesia sendiri saat ini adalah 274,9 jutajiwa. Ini artinya, penetrasi internet di Indonesia padaawal 2021 mencapai 73,7 persen.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah terkait literasi digital. "Hasil survey literasi digital yang kita lakukan bersama siber kreasi dan kata data pada 2020 menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia masih pada angka 3,47 dariskala 1 hingga 4. Hal itumenunjukkan indeks literasi digital kita masih di bawah tingkatan baik," katanya lewat diskusi virtual. Dalam kontek sinilah webinar literasi digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo RI inimenjadi agenda yang amat strategis dan krusial, dalam membekali seluruh masyarakat Indonesia beraktifitas di ranah digital.

Pada webinar kali ini target peserta nya adalah segmen Dosen dan Mahasiswa yang sukses diikuti oleh 280 peserta. Hadir dan memberikan materi nya secara virtual, para Narasumber yang berkompeten dalam bidangnya, yaitu Edrida Pulungan, M.HI., M.Si (Analisis Kebijakan Setjen DPD RI, Founder Lentera Pustaka Indonesia).

Tampil sebagai Narasumber kedua yaitu Muhammad Arif Rahmat, SH (Certified Life Coach)
Sedangkan Narasumber ketiga yaitu pembicara lokal Supardi, M.Kom (Dosen Institut Sains dan Bisnis Atma Luhur Pangkalpinang dan Relawan TIK Bangka Belitung) dan tampil sebagai pembicara keempat, Eka Altiarika, S.kom., M.Eng (Dosen Ilmu Komputer Universitas Muhammadyah Bangka Belitung)
Adapun Key Opinion Leader (KOL) pada webinar kali ini yaitu @qonita¬_azzahra, Founder Halo Mentors, Trainer Market Place dan Astrid Anggarini sebagai Moderator.

Para peserta mengikuti dengan antusias seluruh materi yang disampaikan dalam webinar ini, terlihat dari banyak nya tanggapan dan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber.

Pertanya pertama yaitu Selfiani mengajukan pertanyaan kepada Narasumber pertama yaitu Edrida Pulungan, M.HI., M.Si yaitu bagaimana kita membatasi bermain medsos untuk adik kita yang masih dibawah umur yang sudah punya medsos untuk menghindari terjadinya cyber crime seperti pengancaman, penculikan, ataupun sexual harrassement? Pertanyaan kedua dari Muhammad Khoiri yang bertanya kepada Narasumber kedua Muhammad Arif Rahmat, SH terkait adakah cara yang efektif dalam memproteksi keamanan untuk gadget kita atau aplikasi yang kita gunakan dalam kejahatan dunia cyber seperti sekarang ini?

Pertanyaan ketiga dari Anisatul Mawaddah yang bertanya kepada Narasumber ketiga yaitu Supardi, M.Kom yaitu Terkadang kita atau lingkup sekitar kita kecolongan terkait data keamanan yg tadi disebutkan seperti hacking, pishing, penipuan dari E-Commerce dll. jika hal tsb terjadi kepada kita, hal yang harus kita lakukan pertama kali lakukan atau melapor ke siapa pak? karena sebagian masyarakat masih awam terkait hal tersebut.

Pertanyaan terakhir dari Melda Gustina ditujukan kepada narasumber keempat Eka Altiarika, S.kom., M.Eng terkait kesiapan masyarakat yang belum cakap digital, bagaimana keadaan Indonesia kedepannya, sedangkan teknologi ini kedepannya waktu akan terus berkembang, masih banyak masyarakat yang kurang cakap digital terutama orang tua, jadi bagaimana cara kita sebagai anak milenial memberikan arahan kepada mereka bahwa dunia digital itu bukan hal yang baru?

Webinar ini merupakan satu dari rangkaian kegiatan Diskominfo yang diselenggarakan di kabupaten Bangka selama 7 bulan dari bulan Mei sd Desember 2021 dan berharap masyarakat dapat mengikuti webinar-webinar yang akan datang dengan tema yang menarik dan narasumber yang hebat dan kompeten di bidang nya. (***)


adithan
Ibnu Saleh, Resmikan Dealer Wuling Jaya Motor
Bangka Tengah

Ibnu Saleh, Resmikan Dealer Wuling Jaya Motor

Bangka Terkini, Bangka Tengah --- Wuling Motor kembali memperkuat,

Kapolsek Koba Ingin Bhabinkamtibmas Harus Lebih aktif
Berita Bangka

Kapolsek Koba Ingin Bhabinkamtibmas Harus Lebih aktif

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Kepolisian Sektor (Polsek),

Pengguna smartphone Samsung kini bisa menyematkan GIF pada fitur Always On Display
Tekno

Pengguna smartphone Samsung kini bisa menyematkan GIF pada fitur Always On Display

Bangkaterkini.com - Pengguna smartphone Samsung yang memiliki fitur Always On,

Masuk Tahapan Puncak Kampanye Pemilu 2019, Ini Pesan Dari Bawaslu Pangkalpinang
Berita Bangka

Masuk Tahapan Puncak Kampanye Pemilu 2019, Ini Pesan Dari Bawaslu Pangkalpinang

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Masa kampanye akan memasuki tahapan,

BKPRMI Bangka Gelar Pelatihan Paket A Bagi Tenaga Pendidik TKA/TPA
Berita Bangka

BKPRMI Bangka Gelar Pelatihan Paket A Bagi Tenaga Pendidik TKA/TPA

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka ---,

BPBD Pangkalpinang Gelar Kegiatan Peningkatan Petugas Logistik dan Peralatan
Berita Bangka

BPBD Pangkalpinang Gelar Kegiatan Peningkatan Petugas Logistik dan Peralatan

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- BPBD Kota Pangkalpinang gelar,