Camping Ground Tikus Emas

Bangka Tengah Jadi Perwakilan Penanaman Mangrove Provinsi Bangka Belitung Bersama Presiden RI Jokowi Dodo

23, September 2021 - 02:50 PM
Reporter : adithan
Bangka Tengah Jadi Perwakilan Penanaman Mangrove Provinsi Bangka Belitung Bersama Presiden RI Jokowi Dodo.
Bangka Tengah Jadi Perwakilan Penanaman Mangrove Provinsi Bangka Belitung Bersama Presiden RI Jokowi Dodo.

BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH - Kabupaten Bangka Tengah menjadi salah satu perwakilan Provinsi Bangka Belitung penanaman tumbuhan Mangrove bersama Presiden Republik indonesia secara Live di desa Kurau kecamatan Koba, Kamis (23/09/2021).

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman bersyukur Pemkab Bangka Tengah terpilih untuk mewakili Provinsi Bangka Belitung dalam kegiatan menanam tanaman Mangrove secara serentak dengan 9 Provinsi se Indonesia langsung bersama Presiden Jokowi Widodo secara Live Conference.

"Penanaman Mangrove ini di bantu juga oleh tim KLH BPDAS Batu Rusa beserta pihak yang terkait, bibit tanaman yang di tanam kurang lebih berjumlah 99.000 batang berjenis Soneratia Alba dengan luas lahan sekitar 30 hektar," ungkapnya.

Bupati juga mengucapkan, tanaman Mangrove ini memiliki potensi yang besar, seperti menahan pengikisan garis pantai yang di sebabkan arus air laut, serta bisa sebagai penghasil oksigen jadi sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala BPDASHL BRC Ir. Tekstiyanto mengutarakan, kegiatan ini di laksanakan di 9 provinsi se Indonesia. Kebetulan Pemkab Bangka Tengah terpilih untuk mewakili Provinsi Bangka Belitung wilayah badan Restorasi Gambut dan Mangrove di 9 wilayah kerja BPDASHL.

"Fungsi hutan Mangrove sendiri selain untuk Habitat dan berkembang biak nya binatang laut, juga berfungsi sebagai penahan erosi yang di sebabkan arus air laut serta juga berperan sebagai penambahan Lahan Pantai," jelasnya.

"Semoga dengan banyak nya tanaman mangrove ini selain untuk habitat binatang laut serta penahan erosi, juga mempunyai nilai ekonomis bagi masyarakat, seperty kayu nya bisa di gunakan sebagai kayu bakar, Arang, dan bisa juga untuk obat obatan," tutupnya. (BOM)