Camping Ground Tikus Emas

Ikuti Literasi Digital Kabupaten Belitung - 21 September 2021

20, September 2021 - 07:43 AM
Reporter : A Abu Bakar
Literasi Digital Kabupaten Belitung
Literasi Digital Kabupaten Belitung

BANGKA BELITUNG TERKINI, BELITUNG -- Bapak Presiden Republik Indonesia memberikan arahan tentang pentingnya Sumber Daya Manusia yang memiliki talenta digital. Kemkominfo melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika menyelenggarakan kegiatan Webinar Indonesia Makin Cakap Digital di Wilayah Sumatera di 77 Kab/Kota dari Aceh hingga Lampung. 4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain KECAKAPAN DIGITAL, KEAMANAN DIGITAL, ETIKA DIGITAL dan BUDAYA DIGITAL. 

<!--StartFragment-->

Sebagai Keynote Speaker adalah Gubernur Provinsi Bangka Belitung yaitu, Dr. H. Ezarldi Rosman Djohan, S.E., M.M. dan Bp. Presiden RI Bapak Jokowi memberikan sambutan pula dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Tema besar webinar MENJAGA KEAMANAN DIGITAL ANAK-ANAK oleh para narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akan memberikan sharing session.

Pembahasan tentang tips menjaga keamanan digital bagi anak-anak di dunia maya. Terjadi perbedaan antara generasi dulu dan sekarang dimana media digital menjadi hal yang biasa digunakan oleh anak-anak sekarang 98% anak-anak di Asia Tenggara sudah pegang handphone. Kebiasaan orang tua sekarang memberikan gadget pada saat anak rewel pertimbangan orang tua. Handphone sebagai pemantau dan mengetahui lokasi anak tapi negatifnya banyak hal yg mustinya anak-anak belum ketahui bisa didapat, potensi resikonya cyberbullying, pelecehan seksual, pornografi dan masih banyak lagi. Cara pengasuhan nya harus di awasi dan di berikan kebebasan tapi terarah, bermain adalah cara menyenangkan untuk belajar banyak hal, mengedukasi anak-anak meningkatkan kemampuan multitasking, memecahkan masalah. 

Masalahnya adalah jika berlebihan akan mengalami addiction,  cara menghadapi hal tersebut, mendampingi anak, perkenalkan game edukasi, tetapkan jam dan durasi, ajarkan cara bermain yang baik, bermain diluar lebih menyenangkan, untuk medsos jaga informasi pribadi, awasi aktifitas, jika anak terindikasi pengaruh negatif, jangan terlalu over reaktif, jangan memarahi anak. Tips menjaga anak tetep aman, berkomunikasi dengan terbuka, ajarkan anak jaga privasi dan reputasi, berikan anak ruang kreasi, dan dorong anak untuk melapor jika mengalami masalah di dunia maya, menurut Yohanes Widodo sebagai Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Key Opinion Leader oleh Kevin Nguyen seorang Influencer dan Co-Founder Cetak Kreator menyimpulkan bahwa keluarga dan guru merupakan lingkup paling penting dalam membimbing anak terlebih dimasa pandemi ini. Bagaimana kita sebagai orangtua harus memberikan contoh yang baik kepada anak. Apa yang anak kita konsumsi adalah apa yang anak kita lakukan, maka berikan konsumsi konten positif kepada anak anak kita, dan perkuatlah dengan pendidikan agamanya.

<!--EndFragment-->