Camping Ground Tikus Emas

Bawaslu Bangka Tengah, Kawal Rekomendasi Perbaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan

06, October 2021 - 06:52 PM
Reporter : adithan
Bawaslu Bangka Tengah, Kawal Rekomendasi Perbaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan
Bawaslu Bangka Tengah, Kawal Rekomendasi Perbaikan Daftar Pemilih Berkelanjutan

PENULIS ILHAM FEBRY, BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH - Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Bangka Tengah menyampaikan beberapa tanggapan saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pelaksanaan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) semester III tahun 2021 yang di selenggarakan di ruang rapat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka tengah, Selasa (05/10/2021).

Ketua Bawaslu Bangka Tengah Robianto mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan saran perbaikan secara tertulis ke KPU Bangka Tengah terkait data pemilih pada DPB semester II tahun 2021, yang bersumber dari hasil uji petik di lapangan yang masih banyak nya di temukan data pemilih yang belum sinkron.

"Saran perbaikan yang telah kami sampaikan sebanyak 1.234 data pemilih ini tentunya perlu kami kawal kembali dalam penyusunan DPB semester III tahun 2021 guna mengetahui apakah sudah ditindak lanjuti atau belum oleh KPU Bangka Tengah," ungkapnya, Rabu (06/10/2021).

Lebih lanjut, dari 1.234 data pemilih ternyata sudah di tindak lanjuti oleh KPU Bangka Tengah. Sebanyak 471 pemilih di hapus pada DPB sedangkan sebanyak 235 pemilih memang sudah dilakukan perbaikan dalam DPB semester II tahun 2021. Adapun jumlah DPB Bangka Tengah yang di tetapkan padabTriwulan III tahun 2021 sebanyak 130.430 pemilih.

Robianto berharap dari saran perbaikan ke KPU Bangka Tengah agar dapat di tindak lanjuti dan lebih di cermati dalam penyusunan DPB periode selanjutnya serta ber koordinasi dengan Dinas Dukcapil dan Stakeholder yang ada, agar data tersebut dapat di pertanggung jawabkan. (BOM)