Camping Ground Tikus Emas

Pusat Pengembangan Bahasa UIN SA Surabaya Berbagi Pengalaman Pembelajaran Bahasa Asing dengan UPT Bahasa IAIN SAS Bangka Belitung

14, October 2021 - 07:43 AM
Reporter : A Abu Bakar
usat Pengembangan Bahasa UIN SA Surabaya Berbagi Pengalaman Pembelajaran Bahasa Asing dengan UPT Bahasa IAIN SAS Bangka Belitung
usat Pengembangan Bahasa UIN SA Surabaya Berbagi Pengalaman Pembelajaran Bahasa Asing dengan UPT Bahasa IAIN SAS Bangka Belitung

BANGKA BELITUNG TERKINI -- Bertempat di gedung P2B UIN SA Surabaya, Rabu (13/10/2021) Tim UPT Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung melakukan kunjungan pengembangan pembelajaran bahasa asing dan  diterima langsung oleh Kepala Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya,  Prof Abdul Kadir Riyadi, Ph.D.

Menurut ketua tim yang juga wakil rektor 3 IAIN IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Dr. Janawi, M.Ag kunjungan ini dimaksudkan untuk mencari pengalaman dalam pengembangan pembelajaran bahasa asing di IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Janawi menambahkan “kami mengucapkan terima kasih telah diterima dengan baik, kami dari UPT Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung kesini dalam rangka mencari pengalaman baru yang mungkin bisa dicangkokkan ke dalam pembelajaran bahasa asing di kampus kami”. Ujarnya.

Prof Abdul Kadir Riyadi, Ph.D. dalam sambutannya menyambut baik kegiatan kunjungan ini dan berharap kunjungan ini ditindaklanjuti ke dalam kerjasama pembelajaran bahasa asing yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam pertemuan ini Pusat Pengembangan Bahasa UIN Sunan Ampel Surabaya memaparkan program-program unggulan pembelajaran bahasa asing yang dimiliki, diantaranya pembelajaran Modern Standar Arabi yang dikembangkan oleh Prof. Eckehard Schulz dari Universitas Leipzig Jerman dan Platform Pembelajaran “First Discoveries” untuk Basic English.

Pada kesempatan diskusi Muhamad M.Pdi salah satu anggota tim UPT Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung mengungkapkan sangat tertarik dengan Platform Pembelajaran Bahasa Arab yang dimiliki UIN SA Surabaya karena telah dipakai dilebih dari  141 Negara dan telah tersertifikasi internasional. “Selain itu Program Pembinaan intensif Bahasa Asing pada semester 1 dan 2 yang terpusat di lembaga bahasa juga sangat bisa diterapkan dalam proses pembejalaran Bahasa Asing di IAIN SAS”, lanjut Muhamad.

Pada akhir acara, Mohammad Budiono, S.Ag., M.Pd.I sebagai Koordinator Laboratorium Bahasa (CETTA) dan BIPA memberikan kesempatan tim UPT Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung untuk menjajal platform pembelajaran bahasa asing yang digunakann P2B UIN Sunan Ampel Surabaya.(/*)