Camping Ground Tikus Emas

UPT Bahasa IAIN SAS Jajaki Kerjasama Dengan UIN Maliki Malang

15, October 2021 - 07:37 AM
Reporter : A Abu Bakar
UPT Bahasa IAIN SAS Jajaki Kerjasama Dengan UIN Maliki Malang
UPT Bahasa IAIN SAS Jajaki Kerjasama Dengan UIN Maliki Malang

BANGKA BELITUNG TERKINI -- Penguatan kelembagaan terus dilakukan oleh Unit Pelaksana Teknis Bahasa IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, salah satunya melalui penjajakan kerjasama pengembangan pembelajaran bahasa asing. Kamis (14/10/2021) Tim yang dipimpin Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Janawi, M.Ag melakukan kunjungan ke Pusat Bahasa UIN Maliki Malang dalam rangka penjajakan kerjasama pengembangan pembelajaran bahasa asing.

Bertempat di gedung Pusat Bahasa UIN Maliki Malang, rombongan diterima oleh Dr. H. M. Abdul Hamid, MA selaku kepala pusat pengembangan bahasa. Hadir juga dalam pertemuan ini beberapa koordinator pembelajaran bahasa asing di lingkungan pusat bahasa UIN Maliki Malang, Abdul Hamid menyampaikan selamat datang kepada Tim dari UPT Bahasa IAIN SAS dan berharap ada ilmu yang bisa didapatkan dari diskusi tentang pengelolaan penbelajaran bahasa ini.

Dalam Sambutannya Wakil Rektor 3 IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung Dr. Janawi M.Ag menyampaikan terima kasih telah diterima oleh pusat bahasa UIN Maliki Malang. Kunjungan ini menurut Janawi merupakan Ikhtiar dalam rangka meningkatkan kualitas lulusan IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung terutama dalam penguasaan bahasa asing.

Setelah sambutan kegiatan kunjungan ini dilanjutkan dengan pembahasan poin-poin kerjasama dan diskusi intensif tentang program pembelajaran bahasa asing di UIN Maliki Malang. Dalam pembahasan ini yang terdapat beberapa hal menarik di pusat bahasa UIN Maliki Malang yang bisa di-Tranformasikan  ke dalam pengembangan pembelajaran bahasa asing di UPT Bahasa  IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Diantaranya adalah aplikasi untuk pembelajaran bahasa arab online bernama Hayat Al-Arabiyah Tafa'uliyan Iliktruniyyan (HATI) Aplikasi yang diberi nama HATI (Hayatal Arabiyah Tafa’uliyan Iliktruniyan) merupakan karya dosen-dosen di Pusat Pengembangan Bahasa UIN Malang. Menurut Kepala Pusat bahasa UIN Maliki Malang, Dr M Abdul Hamid MA, belajar bahasa Arab dengan Aplikasi HATI selain mudah diakses juga menyenangkan.

"Ada 3M, M pertama memudahkan M kedua menyenangkan yang terakhir membisakan, kita tidak ingin aplikasi ini justru menyulitkan mahasiswa apalagi dengan pembelajaran daring, dan ada yang dari pelosok," terangnya. Selain itu Pusat Belajar Bahasa Mandarin juga menjadi menarik untuk diterapkan. Muhamad M.Pdi salah satu anggota tim UPT Bahasa  IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung menjelaskan bahwa dua hal ini sangat bisa dikembangkan ke dalam program UPT Bahasa di Bangka Belitung, terutama Mandarin Corner karena persentase jumlah warga keturunan tionghoa di Bangka Belitung cukup banyak.

Pada akhir kegiatan  M. Abdul Hamid Kepala Pusat Bahasa UIN Malang mengungkapkan kegiatan kerjasama ini bisa segera ditindaklanjuti secepatnya dengan langkah-langkah strategis. Lebih lanjut Abdul Hamid menjelaskan “saya mengucapkan terima kasih atas kunjungannya, di kemudian hari Pusat Bahasa UIN Maliki Malang Insya Allah juga akan berkunjung ke IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung”. Tutupnya. (/*)