Camping Ground Tikus Emas

DPD KNPI Bangka Belitung Minta IDEAL-isme pada Pimpinan Elite Di PT. Timah

21, December 2021 - 04:40 PM
Reporter : adithan
Dewan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung menggelar Talkshow Pertambangan dengan tajuk Tema “Komparasi Putra Daerah dan Luar Daerah Pada Pimpinan Elite PT.Timah”.
Dewan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung menggelar Talkshow Pertambangan dengan tajuk Tema “Komparasi Putra Daerah dan Luar Daerah Pada Pimpinan Elite PT.Timah”.

BANGKA BELITUNG TERKINI - PANGKALPINANG - Menyikapi dan mendengar informasi Rencana Rapat Umum Pemegang Saham atau yang dikenal dengan RUPS PT. Timah yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, maka  Selasa 21 Desember 2021, Dewan Pengurus Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Belitung menggelar Talkshow Pertambangan dengan tajuk Tema “Komparasi Putra Daerah dan Luar Daerah Pada Pimpinan Elite PT. Timah”.

Dengan menghadirkan narasumber yakni Direktur Utama PT. Timah yang diwakili oleh Muhamad Wirtsa Firdaus. Dalam talkshow ini selaku salah satu Putra Daerah yang berada di batang tubuh PT. Timah beliau menegaskan bahwa PT. Timah ini adalah perusahaan yang dimiliki oleh Negara, dimana  Negara punya aturan, punya cara main tersendiri dalam menentukan dan menetapkan pimpinan-pimpinan, direktur- direktur yang berada dibawah naungan Badan Usaha Milik Negara.

yang terpenting adalah bagaimana kesiapan Sumber Daya Manusia atau SDM tersebut dalam menerima tantangan untuk menduduki posisi tersebut, kami dari PT. Timah berharap kepada semua elemen terkhusus bagi anak muda, mari kedepankan objektivitas dalam menilai suatu hal, tak terlebih dari RUPS nanti, siapapun yang diberi kesempatan untuk menduduki posisi strategis tersebut kami siap. 

Hadir juga sebagai narasumber pada acara talkshow tersebut dari Akademisi yakni Dr. Jeanne Darc Noviayanti, M.Hum yang merupakan salah satu Dosen di Universitas Bangka Belitung, pada kesempatan ini beliau menjelaskan dari sudut pandang Akademisi mengenai pertambangan, dimana selalu dan pasti ada pro dan kontra, melihat dari tema yang diangkat dari taklkshow ini.

Maka harapannya adalah, apabila pada pimpinan elite dalam sebuah lembaga yang ada diaerah sebut saja PT. Timah maka diharapkan semangat membangun daerahnya lebih kuat, namun juga tidak mesti yang bukan putra daerah tidak lebih baik, namun motivasi dan semangat dari putra daerah untuk membangun umumnya lebih mendalam.

Dharma Sutomo selaku tokoh Bangka Belitung yang juga bagian dari kegiatan tersebut, sejarah pertambangan dari masa ke masa selalu bicara tentang putra daerah, ini sebenarnya sudah selesai pada tahun 1928 saat kongkres pemuda, tidak lagi bicara tentang kedaerahan, namun sudah bicara pemersatu, bicara kebersamaan dan kebhinekaan, artinya ada yang jauh lebih penting dari apa yang akan dibahas, yakni sudah sangat layak hari ini bicara tentang kepemilikan saham untuk daerah  di PT. Timah itu sendiri.

Dengan adanya kepemilikan saham tersebut tentu akan adanya rasa memiliki yang hadir tengah-tengah masyarakat Bangka Belitung tentang kepemilikan PT. Timah itu sendiri, dengan demikian semua permasalahan yang selama ini sudah terjadi akan mudah terselesaikan jika rasa kepemilikan ini sudah muncul di semua kalangan masyarakat Bangka Belitung.

Kepala kantor Cabang ICDX, Muhamad Irham, ST, MM, yang juga sebagai narasumber pada acara talkshow ini menjabarkan, bahwa pada bursa dagang timah dunia, apakah isu putra daerah pada pimpinan elite PT. Timah mempengaruhi harga timah, tentu tidak, tidak sama sekali, yang menjadi pengaruh adalah bagaimana PT. Timah itu sendiri memberikan daya dorong manfaat yang luas, bahkan kita bisa melihat ada salah satu didunia ini yang negaranya menghasilkan timah namun timahnya tidak laku pada pasaran dunia karena isu negatif, artinya PT. Timah yang berpusat di Bangka Belitung sangat berperan dalam memainkan harga timah dunia.

Dalam Talkshow pertambangan ini, ketua DPD KNPI Babel meminta dengan tegas pada RUPS yang akan datang dalam waktu dekat ini, agar mempertimbangkan SDM putra daerah yang ada di Batang Tubuh PT. Timah itu sendiri agar bisa menduduki posisi-posisi strategis.

"Kami selaku pemuda yang ada didaerah ini merindukan sosok putra daerah yang berkompeten untuk bisa mendapatkan posisi jajaran pimpinan pada PT. Timah ini. PT. Timah di Bangka Belitung sudah mengakar bahkan disudut desa manapun yang ada di Babel pasti tidak lepas dari isu pertambangan, baik pada isu kontra pertambangan maupun pada isu pro pertambangan, sehingga kami anak muda yang terhimpun dalam KNPI Bangka Belitung sangat berharap adanya pipimpinan Elite di PT.Timah yang mampu berada digaris masyarakat, dan mudah untuk  diajak berdiskusi, kajian, serta mampu mendengar permasalahan tingkat bawah, dan pada akhirnya mampu menghasilkan kebijakan yang tepat dan cepat untuk kebaikan semua kalangan," tegasnya.

Turut juga hadir ketua DPD KNPI Bangka Belitung tahun 2007-2010 Effendi Harun, juga sangat mendukung kegiatan  kajian-kajian yang dilaksanakan oleh Pengurus DPD KNPI Babel hari ini, dimana selaku anak muda harus berpikir kedepan, dan salah satunya ialah dengan kajian ini yang sekarang dilaksanakan.

"Kami selaku yang pernah mempimpin KNPI Babel juga menyepakati apa yang telah digagas oleh KNPI hari ini," ucapnya.

Zamzani selaku sekretaris KNPI Bangka Belitung mejelaskan KNPI kedepan lebih mengarahkan kepada pergerakan gagasan, pergerakan ide, pergerakan pemikiran, sehingga menghasilkan saran program, saran kegiatan, dan saran-saran untuk pembangunan daerah yang kita cintai ini. kami juga berharap kepada PT. Timah kedepan untuk saling bersinergi dalam mempercepat meuwujudkan SDM anak muda yang mampu berdaya saing melalui tangan KNPI. (*)

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang