Camping Ground Tikus Emas

Gubernur Babel Menyerahkan Bantuan Peralatan Mesin Produksi Untuk UMKM

21, February 2022 - 02:56 PM
Reporter : Dion (Atok)
Gubernur Babel Menyerahkan Bantuan Peralatan Mesin Produksi Untuk UMKM
Gubernur Babel Menyerahkan Bantuan Peralatan Mesin Produksi Untuk UMKM


PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memberikan bantuan mesin peralatan produksi kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Babel.
Peralatan mesin produksi yang diserahkan di antaranya berupa mesin peralatan olahan kopi, mesin peralatan teh gaharu, mesin pengolahan mie Bangka, dan mesin produksi kerajinan miniatur kapal.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan bantuan itu upaya untuk membangkitkan dan memotivasi UMKM Babel untuk lebih maju.

"Ke depannya InsyaAllah kita akan meng-upgrade cara kita memfasilitasi dan mendamping UMKM kita, tadinya didampingi Sekolah Sekuntum Melati dan penyuluh kita di provinsi dan bekerjasama dengan kabupaten/kota," ujar Erzaldi usai menyerahkan bantuan di Taman UMKM Kantor Gubernur, Senin (21/2/2022).

Lanjut Erzaldi, pihaknya akan memperlebar lagi jangkauan pembinaan kepada pendampingan UMKM. Menurutnya, dengan pendampingan tidak kuat lambat laun akan membunuh UMKM.

"Jadi betul-betul kita harus menyadari pendampingan UMKM dengan cara lebih baik. Sehingga mereka itu memiliki tanggung jawab terhadap konsistensi mereka terhadap produk yang mereka buat. Nah jangan sampai mereka gagal dari awal pembuatan produk harus kita dampingi," jelasnya

Sementara itu penerima bantuan Ibu Astiwi mengatakan, ia menerima bantuan mesin pengolahan mie untuk usahanya yang sudah berjalan 4 tahun, ia mengatakan selama ini pihaknya masih dengan cara manual dengan bahan baku 2 kilogram, menghasilkan produksi 5 kilogram per hari. sedangkan dengan adanya mesin ini bahan baku 20 kilogram, mampu menghasilkan produksi 60 kilogram per hari.

"Dengan adanya bantuan ini memudahkan kami, semoga usaha kami bisa lancar, produksi meningkat, pendapatan meningkat," harap Astiwi pelaku UMKM dari Desa Penyamun ini. (Atok)