Camping Ground Tikus Emas

Gubernur Turun Tangan Temui Warga Selesaikan Pembebasan Lahan

18, February 2022 - 08:29 AM
Reporter : Dion (Atok)
Gubernur Turun Tangan Temui Warga Selesaikan Pembebasan Lahan
Gubernur Turun Tangan Temui Warga Selesaikan Pembebasan Lahan

TANJUNGPANDAN, bangkaterkini.com - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman, berjalan kaki menyusuri jalan sempit dan tergenang air. Hal itu ia lakukan demi mempercepat pembuatan embung air dan pelebaran jalan di Kampung Amau, Kabupaten Belitung yang hingga kini masih terkendala penyelesaian lahan di wilayah tersebut.

Didampingi Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, gubernur menemui dua warga yang masih enggan menjual sebagian lahannya demi kepentingan umum. Ia menjelaskan kepada mereka, jika tujuan pembebasan lahan ini untuk menghindarkan wilayah tersebut menjadi daerah langganan banjir yang selama ini terjadi.

"Saya minta tolong sama ibu, ini ganti untung loh bukan ganti rugi, nanti terasnya diganti jadi rumah dua lantai," ungkap gubernur ke salah seorang warga yang menolak menjual lahannya, Kamis (17/2).

Gubernur mengatakan, pembebasan lahan di wilayah tersebut sangat penting. Pasalnya ketika turun hujan langsung terjadi banjir, sehingga pemerintah dengan program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) ingin menata wilayah tersebut. Selain menanggulangi banjir, juga agar mempercepat penanganan permukiman kumuh yang ada di perkotaan.

"Sayang jika hanya dua rumah ini tidak mau dibebaskan, akan mengganggu langkah pemerintah melakukan normalisasi dengan membuat embung air, termasuk pelebaran jalan menjadi tiga meter," jelas gubernur.

Disamping itu, jika kondisi embung menjadi bersih dan akses jalan mudah dilalui, akan meningkatkan perekonomian warga sekitar karena banyak dikunjungi warga lainnya.

"Insyaallah akan gantikan yang lebih baik oleh Allah, nanti kami siapkan fasilitas untuk bapak, saya bikin dam berupa pintu air untuk membantu bapak bercocok tanam," ungkap gubernur ke warga lainnya.

Dijelaskan oleh Woto Iskandar dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Babel, Kementrian PUPR telah menganggarkan dana Rp8,6 milyar untuk program Kotaku Kampung Amau yang dimulai sejak bulan mei 2021. Namun, kendala yang dihadapi hingga saat ini yakni masih belum adanya titik terang terkait pembebasan lahan dua warga di wilayah tersebut.

"Sebagian sudah kami kerjakan di lahan yang sudah _clear_ , tinggal hanya kendala yang lahan belum dibebaskan. Kami melakukan perbaikan dan pelebaran jalan yang lama dengan kondisi yang sudah rusak berdasarkan laporan dari Pemkab Belitung," tutupnya. (Atok/*)

Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang