Camping Ground Tikus Emas

UNMUH Bangka Belitung, Lakukan Inisiatif Konservasi Generasi Muda di Batu Beriga

15, February 2022 - 02:46 PM
Reporter : adithan
UNMUH Bangka Belitung, Lakukan Inisiatif Konservasi Generasi Muda di Batu Beriga
UNMUH Bangka Belitung, Lakukan Inisiatif Konservasi Generasi Muda di Batu Beriga

Bangka Tengah, BANGKA TERKINI - Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Terintegrasi KKN Universitas Muhammadiyah (UNMUH) Bangka Belitung Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bertajuk Peningkatan Inisiatif Konservasi Generasi Muda Desa Batu Beriga.

Bertempat di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Satu Atap Lubuk Besar yang bertempat di Desa Batu Beriga, Kec. Lubuk Besar, Kab. Bangka Tengah pada hari Rabu, 9 Februari 2022, Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Terintegrasi KKN Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang diketuai oleh dosen Prodi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Sujadi Priyansah, S.Hut., M.Sc.

Diketahui Kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut bertajuk Peningkatan Inisiatif Konservasi Generasi Muda Desa Batu Beriga, sebagai wujud penyadartahuan akan pentingnya konservasi sejak usia dini. Lokasi sekolah yang terletak di pesisir pantai di Kecamatan Batu Beriga merupakan salah satu pertimbangan dalam pemilihan lokasi kegiatan.

Kegiatan pengabdian masyarakat dosen terintegrasi KKN ini merupakan salah satu kegiatan dari Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung yang dilaksanakan secara integratif dengan KKN mahasiswa tahun akademik 2021/2022. Adapun kegiatan ini  diikuti oleh peserta didik kelas VIII (delapan).

Dosen Prodi Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA), Sujadi menyatakan bahwa inisiatif konservasi harus dibentuk sejak dini agar lingkungan Bangka Belitung khususnya di Desa Batu Beriga dapat terjaga hingga di masa depan, agar peserta didik yang sekarang memiliki kesadaran dan literasi konservasi.

Dijelaskan Sujadi, literasi konservasi yang disampaikan dalam kegiatan pengabdian ini meliputi penyuluhan bagaimana menjaga lingkungan, termasuk didalamnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak memburu satwa dilindungi dan sebagainya.

Adapun bentuk pelaksanaan kegiatan pengabdian diantaranya ; Sambutan Pihak Sekolah, kampanye lingkungan hidup, penutupan dan foto bersama.

Sementara itu, Kepala SMPN 3 Satu Atap Lubuk Besar, Agus Taruno, S.Pd. menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan tim pengabdian dosen Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung.

Ia juga berharap apa yang disampaikan kepada anak didiknya dapat dipahami dan diikuti oleh peserta didik SMPN 3 Satu Atap Lubuk Besar.

Sujadi yang juga merupakan Ketua Tim Pengabdian, mengutarakan hal yang sama atas sambutan dan kesediaan pihak sekolah memfasilitasi kegiatan pengabdian ini. " Kita berharap peserta didik SMPN 3 Satu Atap Lubuk Besar dapat ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga dan melestarikan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak membakar hutan dan ikut memburu satwa dilindungi yang berada lingkungan desa Batu Beriga," harapnya. (*)