Camping Ground Tikus Emas

Demi Petani Sejahtera, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rela Ngetrail Dengan Medan Bebatuan

05, March 2022 - 07:17 PM
Reporter : adithan
Demi Petani Sejahtera, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rela Ngetrail Dengan Medan Bebatuan
Demi Petani Sejahtera, Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rela Ngetrail Dengan Medan Bebatuan

BANGKA SELATAN, BANGKA TERKINI - Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman gunakan sepeda motor trail sembari olahraga dan sekaligus mengunjungi kebun Sawit warga Desa Nyelanding, Kabupaten Bangka Selatan, Sabtu (05/02/2022).

Menyegarkan tubuh dengan olahraga offroad yang memacu adrenalin memang menjadi hobinya saat meluangkan akhir pekan. Namun, bukan Gubernur Erzaldi namanya jika hari liburnya tidak diisi dengan hal bermanfaat, terutama untuk kepentingan masyarakatnya. Ada misi lain dari adventure trail yang dilakukannya hari ini ke ujung selatan Pulau Bangka itu.

Pertama, ia ingin melihat kondisi terkini dari lahan rakyat yang diperuntukkan bagi petani sawit melalui Program Peremajaan Sawit rakyat (PSR) seluas 180,6 hektar. Lahan yang dialihkan pada 2021 itu tidak lama lagi siap untuk digarap, sehingga lahan PSR menjadi angin segar bagi masyarakat setempat. Hal itu diakui Kepala Desa Nyelanding, Nurdin dihadapan Gubernur Erzaldi.

"Kami sangat senang dengan adanya lahan PSR ini. Banyak masyarakat yang bertanya soal lahan ini untuk digunakan," ujar Nurdin yang ditimpali Robert, salah satu perwakilan pemuda desa yang menyatakan kesiapan berperan bersama pemerintah untuk bersinergi membangun daerah.

Kemudian di lokasi kedua, Gubernur Erzaldi meninjau langsung panen kelapa sawit di lahan seluas 300 hektar milik Rudi Alwi. Melihat banyaknya petani yang dipekerjakan, membuat gubernur senang. Hal ini menurutnya menjadi efek positif yang ditimbulkan atas kehadiran Rudi sebagai putra daerah setempat untuk memberdayakan petani menuju sejahtera.

"Kami (masyarakat) siap bersinergi, khususnya petani Desa Nyelanding menuju petani sejahtera, semangat petani dan mantap," ujar Rudi.

Menimpali semangat para petani, Gubernur memberikan pesan khusus agar petani selalu bersyukur dengan kondisi perekonomian Babel yang mengalami peningkatan. Hal ini dapat terlihat dari tingginya harga sawit yang diakui oleh petani berada pada kisaran lebih dari Rp 3000 per kilogram.

"Saat ini kami sedang dalam perjalanan. Rencananya dari sini kami melihat pembibitan lada dan sawit di lahan milik Pak Rudi. Mengenai harga sawit yang tinggi saat ini, saya minta petani bersyukur. Tetap harus bersyukur, dan sabar ketika harga rendah. Insyaallah kalau bersyukur, Allah SWT akan menambahkan nikmatnya," pungkas Gubernur Erzaldi.

Usai menyaksikan panen sawit itu, rombongan kemudian menuju dua lokasi lainnya sekaligus misi terakhir. Ia mengunjungi lahan pembibitan puluhan ribu bibit sawit dan lada. 

Adapun di lokasi tersebut, akan dilakukan teknik tumpangsari lada dan sawit. Artinya, selama empat tahun pertama akan dilakukan tiga kali panen lada, kemudian di tahun kelima disusul dengan panen sawit. Teknik ini akan diterapkan di empat desa yaitu Desa Nyelanding, Delas, Bedengung, dan Desa Bencah.


Terbaru
Tempat Billiard di Bangka

Tempat Billiard di Bangka B9 Billiard & Cafe

Berita Bangka
Sunat pada Anak Laki-laki

Usia Ideal untuk Sunat pada Anak Laki-laki

Berita Bangka
PANGKALPINANG - d'lab Coffee and Eatery Pangkalpinang Hadirkan Konsep Aesthetic,

Coffee Shop dipangkalpinang & working space

Pangkalpinang