Camping Ground Tikus Emas

Gubernur Inginkan Pihak Swasta Yang Investasi Di Babel Merasa Aman Dan Lancar

22, March 2022 - 04:48 PM
Reporter : Dion (Atok)
Gubernur Inginkan Pihak Swasta Yang Investasi Di Babel Merasa Aman Dan Lancar
Gubernur Inginkan Pihak Swasta Yang Investasi Di Babel Merasa Aman Dan Lancar


PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman menginginkan pihak swasta yang berinvestasi di Babel dapat merasa lancar dan aman.

Ia pun mengaku enggan mengedepankan sanksi terhadap pelaku usaha yang belum melengkapi izin, seperti halnya di sektor tambak udang.

"Sanksi itu terakhir, jika masih membandel. Jangan sedikit-sedikit salah, sanksi. Kita kan mendorong, tidak bisa juga orang mau berinvestasi kita persulit," ujarnya, Selasa (22/03/2022).

Oleh sebabnya, pihaknya di pemerintah gencar mengedukasi soal perizinan terkhusus yang masih mendapat hambatan. Sehingga pemerintah terhindar dari mesan menghambat investasi.

"Jangan sampai terkesan pemerintah kita ini menghambat investasi, bukan. Ini karena ketidakmengertian mereka terhadap sistem yang baru ini, yang dirasakan sulit," ungkapnya.

Erzaldi juga mendapat masukan, bahwa pihak perusahaan memang lebih nyaman berurusan di tingkat pemerintah di daerah ketimbang ke pusat.

"Seperti yang diutarakan mereka, namun bukan kita ingin kembalikan kewenangan kita, bukan. Intinya kalau mereka merasa itu silakan saja mereka sampaikan ke pak presiden atau kementerian, apa yang harus dilakukan," paparnya.

Dia juga tak menampik banyak benturan saat akan melengkapi izin, seperti halnya di sektor tambak udang.

"Terkhususnya tambak udang, ada beberapa ketidakmengertian mereka terhadap pemanfaatan garis sepanjang pantai, dan masih banyaknya benturan-benturan terkait pemanfaatan laut dengan IUP pertambangan di laut. Dan memang ini harus difasilitasi bersama sama sehingga terjadi kesepahaman. Jika terjadi kesepahaman, insya Allah apa yang kita fasilitasi ini akan membuahkan hasil," tutup Erzaldi Rosman.

(atok/*)