Camping Ground Tikus Emas

Kadivpas Kemenkumham Babel Geledah Lapas Klas IIA Narkotika

24, March 2022 - 05:37 PM
Reporter : Dion (Atok)
Kadivpas Kemenkumham Babel Geledah Lapas Klas IIA Narkotika
Kadivpas Kemenkumham Babel Geledah Lapas Klas IIA Narkotika



PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) melalui Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Agus Irianto melaksanakan giat razia di Lapas Klas IIA Narkotika Kota Pangkalpinang, Kamis (24/03/2022).

Kadivpas Kemenkumham Agus Irianto mengatakan kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Pemasyarakatan yang ke-58, kami lakukan penggeledahan di Lapas Klas IIA Narkotika dan giat ini rutin dilakukan.

"Giat razia di Lapas Narkoba ini rutin kami lakukan, dan hasil dari pengeledahan hari ini tidak ditemukan narkoba, barang-barang yang berbahaya, hanya ditemukan uang sebesar delapan juta enam ratus lima belas ribu rupiah dari beberapa narapidana dan itu tidak diperbolehkan," ujar Agus Irianto.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Klas IIA Narkotika Sugeng Hardono menuturkan giat seperti ini rutin dilakukan, bukan hanya hari ini saja dan mengenai temuan dari hasil penggeledahan tidak ditemukan benda berbahaya seperti pisau, golok, atau narkoba.

Terkait ditemukan uang yang jumlahnya yang sangat besar dari hasil penggeledahan, kalapas menjelaskan itu uang dari beberapa napi bukan milik satu orang, karena disini napi juga mau belanja untuk keperluan mereka.

"Temuan uang ini kan bukan punya satu orang, buat keperluan mereka (napi) disini yang tidak disediakan negara, disini juga ada kantin dan mereka juga belanja, tapi ada batasannya juga tidak bebas nominal tiga ratus ribu," jelas Sugeng.

Lebih lanjut, Sugeng menambahkan untuk saat ini kita juga sedang berkomunikasi dengan pihak Bank BRI dan nantinya akan menjalin kerjasama.

"Kedepannya nanti kami juga akan menggandeng pihak BRI,  jadi disini akan menggunakan E-Money biar  mereka tidak memegang dalam bentuk tunai, untuk sementara ini uang hasil penggeledahan tadi kita simpan diruang register," pungkasnya. (Atok)