Camping Ground Tikus Emas

Kilauan Cahaya Air Mancur, Tutup Jamda IV Bangka Belitung

24, March 2022 - 10:35 PM
Reporter : adithan
Kilauan Cahaya Air Mancur, Tutup Jamda IV Bangka Belitung
Kilauan Cahaya Air Mancur, Tutup Jamda IV Bangka Belitung

BALUNIJUK, BANGKA TERKINI - Jambore Daerah (Jamda) IV di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk, Bangka 21-24 Maret 2022 sukses diselenggarakan Kwarda Gerakan Pramuka Bangka Belitung (Babel).

Jamda IV Kwarda Bangka Belitung ini pun resmi ditutup, Kamis, (24/03/2022) malam.

Upacara penutupan berlangsung meriah, yang ditandai dengan kilauan cahaya air mancur sebagai pengganti tradisi api unggun.

Memang sebelumnya, perkemahan identik dengan malam api unggun. Namun di kegiatan Jamda IV Babel memiliki ide yang lebih menarik dimana api unggun diganti dengan air mancur.

Ketua pelaksana Jamda IV Kwarda Bangka Belitung, M. Irham menerangkan, ramah lingkungan menjadi alasan pihaknya mengganti api unggun dengan air mancur. "Kita ingin ramah lingkungan, dengan air mancur yang dipadu dengan lampu-lampu menambah megahnya air mancur tersebut," ungkapnya.

Pihaknya berharap, Jamda IV Bangka Belitung meninggalkan kesan yang begitu unik sehingga melekat di memori adik-adik peserta dengan replika api unggunnyaa dengan menggunakan air mancur dan lampu-lampu untuk menghiasinya.

Dikatakan Irham, meskipun ditutup, kegiatan Jamda IV ini masih menyisakan kegiatan di tingkat Pramuka Siaga. "Dan juga Pransaka Nasional dimana Babel menjadi tuan rumah yang akan dilaksanakan bulan Oktober mendatang," ungkapnya.

Sementara di bulan Agustus 2022, lanjut Irham, Babel juga akan berpartisipasi di kegiatan Jambore Nasional. "Pramuka Babel akan mengirimkan perwakilan untuk mengikuti Jambore Nasional," katanya.