Camping Ground Tikus Emas

Fasilitas dan Pelayanan BKPSDMD Babel Terbuka untuk Masyarakat

22, April 2022 - 04:18 PM
Reporter : Dion (Atok)
Fasilitas dan Pelayanan BKPSDMD Babel Terbuka untuk Masyarakat
Fasilitas dan Pelayanan BKPSDMD Babel Terbuka untuk Masyarakat

PANGKALPINANG, bangkaterkini.com - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Bangka Belitung (Babel), memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui pendidikan, dan pelatihan (diklat) yang rutin dilaksanakan. Hal ini ditunjang dengan sarana dan prasarana (sarpras) yang baik di lembaga ini.

"Sesuai tupoksi kami adalah pengembangan diklat kompetensi ya, sebenarnya itu. Jadi, bagaimana membangun kompetensi para aparatur sipil negara, agar mereka memiliki _mindset_ yang benar sesuai dengan upaya meningkatkan profesionalisme mereka," ujar Kepala BKPSDMD Babel, Susanti, Jumat (22/4/2022).

Selain mengemban kewajibannya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, BKPSDMD Babel juga ternyata siap melayani pihak swasta, baik lembaga, organisasi, maupun masyarakat umum melalui sarpras yang tersedia. Apa yang ditawarkan?

Diungkapkan Susanti, saat ini BKPSDMD Babel telah tersedia 4 asrama inap, 7 ruang kelas termasuk aula dan ruang terpadu, serta terdapat ruang olahraga (fitness). Kesemua fasilitas termasuk layanan _laundry_ ini dapat dirasakan masyarakat umum, seperti mendapatkan pelayanan hotel pada umumnya selama 24 jam.

"Maka sekarang selain menyisipkan sarana-prasarana, kita menyiapkan petugasnya atau SDM yang mengelola masing-masing asrama, ada penanggungjawabnya, penjaga, _laundry_ seperti di hotel. Petugas yang ada juga siap melayani dengan senyum simetris," ujarnya.

BKPSDMD Babel juga terus berbenah dengan terobosan-terobosan pelayanan terbaru yang lebih ramah bagi keluarga. dengan memanfaatkan lahan seluas 8 hektar, Susanti menyebutkan pihaknya memiliki rencana membangun ruang rekreasi keluarga dan permainan bernuansa wisata seperti wahana _outbound_, dan akan diaktifkan tahun depan.

"Kita ini ada lahan juga yang sedang kita garap menjadi lokasi _outbound_. Ada kolong di ujung sana dan pohon rindang yang bisa kita _recovery_ agar lebih bagus untuk bisa dipakai sebagai arena bermain untuk anak-anak sekolah, pegawai, siapa pun itu, PNS, maupun swasta para mitra kita, dan masyarakat umum," katanya.

Dibukanya layanan untuk umum ini dijelaskan Susanti, sebagai upaya BKPSDMD Babel mendukung perekonomian melalui Pendapatan Asli Daerah (PAD). Demi memuluskan langkah tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) mengenai aturan-aturan, sehingga potensi-potensi yang ada dapat dimaksimalkan menjadi pendapatan daerah melalui retribusi.

"Fasilitas ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, siapapun lembaga yang ada di Provinsi Bangka Belitung. Semua itu tentunya merupakan upaya meningkatkan pengembangan kompetensi, juga meningkatkan PAD. Berbicara PAD tentu bisa membangun daerah kita, karena baliknya juga ke kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

"Alhamdulillah kami terus berbenah memperbaiki sarana-prasarana yang ada dengan pelayanan terbaik, sehingga akan meninggalkan kesan bagi pengunjung. Dan sesama mereka akan bicara bahwa BKPSDMD tidak kalah dengan hotel atau _guest house_, semuanya siap huni," katanya.

Bagi masyarakat, organisasi, atau lembaga swasta yang ingin mencoba layanan terbaik di BKPSDMD Babel dapat menghubungi contact person; 0812 8399 9933 (Ade Sumarli). (*)