Camping Ground Tikus Emas

Kepuasan Kinerja Pemerintahan Erzaldi-Fatah di Atas 80 Persen

28, June 2022 - 05:30 PM
Reporter : adithan
Kepuasan Kinerja Pemerintahan Erzaldi-Fatah di Atas 80 Persen. (Sumber : Wow Babel Institute)
Kepuasan Kinerja Pemerintahan Erzaldi-Fatah di Atas 80 Persen. (Sumber : Wow Babel Institute)

BANGKA TERKINI, PANGKALPINANG - Kepuasaan terhadap kinerja pemerintahan Provinsi Bangka Belitung selama lima tahun kepemimpinan  Gubernur dan Wakil Gubernur Erzaldi Rosman – Abdul Fatah masih sangat tinggi. Baik kinerja di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan rata-rata mencapai di atas 80%.

Demikian temuan hasil survei wowbabel institute terhadap 800 responden yang tersebar di 7 kabupaten/kota di Provinsi Bangka Belitung selama periode survei 1-14 April 2022 lalu. “Dari hasil survey tingkat kepuasan responden relatif tinggi terhadap kepemimpinan Erzaldi Rosman – Abdul Fatah selama lima tahun,” kata Manager Riset wowbbael institute dalam rilis hasil survey, Selasa (27/6/2022) secara virtual.

Dilihat dari kepuasan di bidang ekonomi,  responden yang menjawab sangat puas mencapai 11 persen dan puas 69,63 persen. Sedangkan yang menjawab tidak puas 15,55 persen. Sisanya 3,88% menjawab tidak tahu/tidak menjawab.

Kepuasan terhadap  kinerja kepemimpinana Erzaldi-Fatah di bidang pendidikan dari temuan survei  cenderung lebih tinggi dari kepuasan di bidang ekonomi. Responden yang sangat puas terhadap layanan pendidikan 15,88% dan menjawab puas 72,25%. Sisanya menjawab tidak puas dan tidak menjawab.

Sedangkan pelayanan di bidang kesehatan selama kepemimpinan Erzaldi Rosman-Abdul Fatah  yang menjawab sangat puas 14,38% dengan responden yang cukup puas 70,63% dan 10,13% responden menjawab kurang puas.

Dari layanan di bidangan pendididikan yang paling tinggi dijawab responden program beasiswa pendidikan 16,13%. Dan para responden  paling puas terhadap layanan bidang ekonomi adalah bentuk bantuan langsung tunai (BLT) sebesar 36,00% diiukti oleh layanan bidang kesehatan berupa Bantuan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) 23,00%. Sedangkan bantuan akses permodalan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebanyak 10%.

“Selain melihat  tingkat kepuasan kinerja pemerintahan di bidang ekonomi, pendidikan, dan kesehatan, survey wowbabel institute juga menanyakan tentang  gaya kepemimpinan Erzaldi Rosman – Abdul Fatah. Dari jawaban para responden  cukup beragam, duet  Erzaldi-Fatah dianggap kompeten sebagai pemimpin, tegas, berwibawa, perhatian terhadap rakyat, religius, dan amanah,” ujar Robby.

Berikut urutan jawaban respoden yang menjawab Erzaldi-Fatah mampu memimpin Bangka Belitung  sebesar 42,7%, tegas dan berwibawa 42,2%, untuk jawaban perhatian terhadap rakyat 33,2%, religius 27,5%, mampu mengatasi masalah daerah 24,5% dan  hanya 20,95% yang menjawab jujur dan bersih dari korupsi.

POPULARITAS SANGAT TINGGI

Erzaldi Rosman menjadi  figur dengan tingkat  popularitas dan elektabilitas yang sangat tinggi di Bangka Belitung. Gubernur Bangka Belitung periode 2017-2022 dikenal oleh 91,125%  responden dan disukai 80,87% responden berdasarkan survei wowbabel institute  yang dilakukan pada periode 1-14  April 2022,  sebulan sebelum Erzaldi mengakhiri masa jabatannya sebagai Gubernur Bangka Belitung.

“Dari sisi popularitas hingga periode survei awal April 2022, Erzaldi Rosman masih menjadi yang tertinggi menurut responden dengan  91,125 persen mengatakan tahu dan kenal,  hanya 8,875 persen  responden tidak tahu dan tidak kenal,” kata Robby dalam rilis hasil survei Evaluasi Kebijakan Pemerintah dan Pemetaan Politik di Bangka Belitung 2024, Selasa (28/6/2022) secara virtual.

Robby menjelaskan sampel yang diipilih sebanyak 800 responden secara acak dengan teknik multistage random sampling dan proporsional atas populasi kabupaten/kota dengan margin of error ±2% pada tingkat kepercayaan mencapai 97%. Survei langsung dilkukan secara tatap muka.

Popularitas Erzaldi secara sebaran wilayah responden,   menurut Robby tertinggi di Bangka Tengah sebesar 99,2%, Bangka Selatan mencapai 97,5% lalu diikuti Pangkalpinang sebesar  94,48% dan terendah di Belitung Timur yakni 77,1%.

“Polularitas yang tinggi ini mengingat Erzaldi Rosman menjabat Gubernur Bangka Belitung selama lima tahun dan juga pernah sebagai wakil dan  bupati Bangka Tengah selama tiga periode namun tidak semua responden mengenal dan tahu dengan Erzaldi Rosman sebagai gubernur,” tukas Robby.

Sedangkan tigkat kesuakaan (liketability), survei wowbabelinstitute menemukan 80,87% responden suka terhadap Erzaldi Rosman dan  yang menjawab tidak suka 2,50%. Masih terdapat 16,62% responden  yang tidak menjawab/tidak tahu.

“Dilihat dari tingkat popularitas  sebesar 91,12% sangat signifikan dengan tingkat kesukaan terhadap Erzaldi Rosman sebesar 80,88%. Tapi responden yang tidak menjawab atau tidak tahu juga relatif besar 16,62 persen,” ujar Robby dalam rilis yang dipandu Taharullah sebagai Direktru Executif wowbabel institute.

Popularitas Erzaldi Rosman yang tinggi  karena lima tahun menjadi gubernur dan  pernah menjabat bupati menurut Robby sangat wajar. “Tidak menutup kemungkinan popularitas Erzaldi bisa turun dan diimbangi oleh figur lain setelah menyelesaikan tugas sebagai gubernur,” ujarnya. (*)