Camping Ground Tikus Emas

PT Timah Tbk Sabet Dua Penghargaan di Bidang Arsip dari ANRI

23, May 2023 - 02:25 PM
Reporter : adithan
PT Timah Tbk Sabet Dua Penghargaan di Bidang Arsip dari ANRI
PT Timah Tbk Sabet Dua Penghargaan di Bidang Arsip dari ANRI

JAWA TIMUR, BANGKA TERKINI - PT Timah Tbk menerima penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang memeroleh Peringkat I dengan kategori AA 'Sangat Memuaskan' sebagai BUMN pengelolaan kearsipan berdasarkan hasil pengawasan kearsipan tahun 2022 dan Kualifikasi Akreditasi AA 'Sangat Memuaskan' dalam momentum peringatan Hari Kearsipan yang ke 52.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas dengan didampingi Kepala ANRI Imam Gunarto kepada Direktur Sumer Daya Manusia PT Timah Tbk, Yennita dalam Puncak Peringatan Hari Kearsipan Ke-52 Tahun 2023, Senin (22/5/2023) di Hotel El Royal Banyuwangi, Jawa Timur.

Pada hari kedua pelaksanaan Hari Kearsipan ke 52, Anggota Holding Industri Pertambangan MIND ID PT Timah Tbk juga meraih penghargaan Sebagai Unit Kearsipan terakreditasi untuk penyelenggaraan kearsipan dengan Kualifikasi AA 'Istimewa". Penghargaan ini diserahkan oleh Imam Gunarto kepada Kepala Divisi Sarana Administrasi Umum Agung Nugroho.

Peringatan Hari Kearsipan ke 52 mengusung tema “Gerakan Kearsipan: Menuju Birokrasi Maju, Memori Kolektif Bangsa dan Peradaban Unggul”.

Pada tahun 2022, ANRI telah melaksanakan pengawasan kearsipan terhadap 79 kementerian/lembaga, 8 Perguruan Tinggi Negeri, 5 Badan Usaha Milik Negara, 34 provinsi dan 422 kabupaten/kota yang secara keseluruhan berjumlah 548 instansi.

Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam sambutan pembukaan acara menyampaikan pentingnya tata kelola kearsipan yang efektif dan efisien, terintegrasi, sehingga dapat menjadi data-data di pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Sementara itu, Kepala ANRI Imam Gunarto menyampaikan tema kearsipan tahun ini sejalan dengan program nasional, di mana program kearsipan memiliki dua impact, yaitu mendorong percepatan reformasi birokrasi yang maju, dan mendorong pemajuan kebudayaan melalui terbentuknya memori kolektif bangsa dan peradaban yang unggul.

Ia menambahkan, tujuan penyelenggaraaan Hari Kearsipan ke-52 yakni dapat mengambil marwah perjuangan kearsipan yang dilakukan oleh para pendahulu dan kemudian meneladaninya.

"Komunitas kearsipan diharapkan dapat meneguhkan dan memperkokoh kembali niat untuk menyelenggarakan kearsipan yang lebih baik dalam mendukung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI," katanya.

Sementara itu, Direktur Sumber Daya Manusia PT Timah Tbk Yennita mengatakan dengan diterimanya pengharagaan ini menjadi motivasi perusahaan untuk terus berinovasi dan berupaya melakukan penyempurnaan di bidang kearsipan.

"Kami sudah mulai melakukan alih media arsip aktif dan melakukan digitalisasi dengan impelementasi aplikasi kearsipan internal PT Timah Tbk serta terus melakukan pembinaan kesemua Unit Pengolah Kearsipan. Semoga ini semakin memperkuat kinerja kearsipan PT Timah Tbk sebagai salah satu upaya untuk pelestarian memori kolektif bangsa dan sumber inspirasi untuk kedepannya," ucap Yennita. (Sumber: Humas PT Timah, Publishare: KBO Babel)