Camping Ground Tikus Emas

PT Timah Tbk Dukung Penyebarluasan Informasi Hadra Belitong Melalui Festival Nepak Bedulang 2023

29, September 2023 - 12:38 PM
Reporter : adithan
PT Timah Tbk Dukung Penyebarluasan Informasi Hadra Belitong Melalui Festival Nepak Bedulang 2023
PT Timah Tbk Dukung Penyebarluasan Informasi Hadra Belitong Melalui Festival Nepak Bedulang 2023
BELITUNG TIMUR, BANGKA TERKINI - PT Timah Tbk berperan aktif dalam mendukung pelestarian adat, budaya dan kesenian masyarakat di wilayah operasional Perusahaan. Salah satunya dengan medukung Festival Nepak Belulang 2023 di Belitung Timur.

Festival Nepak Belulang 2023 dilaskanakan di Pantai Nyiur Melambai, Desa Lalang, Kecamatan Manggar Beltim pada 22-24 September 2023. Melalui festival ini, PT Timah Tbk ikut berpartispasi dalam melestarikan kesenian masyarakat.

Sebelumnya, anggota holding industri pertambangan MIND ID ini juga kerap mendukung kesenian daerah seperti kasidah, hadrah hingga perguruan silat yang ada di wilayah operasional PT Timah Tbk.

Pendamping Kebudayaan Desa Lalang, Wira Sudarma mengatakan Festival Nepak Belulang ini adalah pengembangan dan pemanfaatan dari potensi budaya Hadrah Belitong dengan metode desiminasi yaitu untuk memperluas informasi kepada masyarakat umum.

Festival Nepak Belulang diinisiasi oleh Desa budaya Lalang sejak tahun 2022, berangkat dari kegiatan temu kenali potensi budaya desa yang mulai dilakukan sejak Tahun 2021. Ini juga bagian dalam program pendampingan pemajuan kebudayaan desa dari kemendikbudristek, dari kegiatan ini ditemukan lebih dari 10 potensi budaya.

"Dari sekian banyak potensi budaya itu kami memilih potensi budaya hadra Belitong khususnya hadra ma'indi untuk bisa dikembangkan dan dimanfaatkan dengan metode diseminasi dalam bentuk festival yang dinamakan nepak belulang festival," kata Wira Sudarma.
 
Menurut Wira, mereka mengangkat ini karena hadra di Desa Lalang sudah berkembang sejak puluhan tahun lalu yang ditandai dengan satu set gendang hadra yang diperkirakan berusia 1,5 abad dan sanggar hadra An-nur Desa Lalang sudah berada pada generasi terakhir.

Ia menjelaskan, dalam Festival Nepak Belulang 2023 acara utamanya adalah melestarikan tradisi ngaso pajangan dalam bentuk memainkan hadra secara kolosal.

Selain itu, juga ada penampilan dari sanggar Pinang Gading, sanggar Adela, senam sehat, lumbe ngayun dan pesta rakyat.

"Tujuan untuk pembentukan ekosistem kebudayaan guna mencapai kesejahteraan masyarakat melalui pemajuan kebudayaan," bebernya.
Wira juga mengapresiasi, perusahaan BUMN PT Timah Tbk turut mendukung kegiatan festival itu, sebab bantuan PT Timah Tbk sangat bermanfaat bagi mereka.

"Sangat membantu, bantuan ini kami gunakan untuk memberikan apresiasi jasa kepada sanggar hadra sebagai penampil dan penyebarluasan informasi tentang hadra belitong di Desa Lalang," sebutnya.

Oleh karena itu, ia berharap, kedepan PT Timah Tbk terus mendukung event itu, guna menyampaikan perluasan informasi tentang hadra Belitong.

"Event ini diharapkan akan diselenggarakan setiap tahunnya dan PT Timah Tbk akan terus mensupport dalam penyelenggaraan di tahun-tahun berikutnya guna ikut andil dalam pemajuan kebudayaan," tandasnya. (Sumber : Humas PT Timah Tbk)