Iklan Bangka Terkini

Pengelolaan dan Pemanfaatan SDA dan Pelestarian Lingkungan Jadi Program Unggulan Erzaldi-Yuri

17, September 2024 - 11:31 PM
Reporter : adithan
Pengelolaan dan Pemanfaatan SDA dan Pelestarian Lingkungan Jadi Program Unggulan Erzaldi-Yuri
Pengelolaan dan Pemanfaatan SDA dan Pelestarian Lingkungan Jadi Program Unggulan Erzaldi-Yuri
PANGKALPINANG, BANGKATERKINI - Pasangan BERAMAL (Bersama Erzaldi Rosman dan Yuri Kemal) kembali membeberkan salah satu program unggulan mereka, apabila kembali diizinkan masyarakat untuk memimpin Provinsi Kepulauan Bangka Belitung periode 2024-2029.

Program unggulan yang dimaksud yakni 'menetapkan kebijakan yang mendukung pelestarian lingkungan dan keberlanjutan sumber daya alam'.

Ketika diwawancarai awak media, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, program tersebut tentu akan menjadi salah satu yang dikedepankan, agar kebijakan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam dapat terkontrol. 

Disamping itu, juga untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan serta mewujudkan pengelolaan dan pemanfaatan sumber daya alam yang adil dan berkelanjutan.

"Seperti pengurangan gas rumah kaca, penangan resiko iklim dan juga melalui program-program nyata yang saat ini telah selesai disusun," kata Erzaldi Rosman, Selasa (17/09/2024).

Selain itu, dalam pendekatan untuk mengatasi perubahan iklim, lanjut Erzaldi, juga perlu memperhitungkan interaksi kompleks antara iklim, sistem ekologi dan sosial. 

"Pada isu iklim, energi ramah lingkungan perlu diberikan perhatian, mengingat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum mandiri dari sisi energi," jelasnya.

Sedangkan pada isu ekologi, dijelaskan dia, pemerintah daerah perlu mendorong upaya-upaya pelestarian lingkungan melalui regulasi yang mengatur pengelolaan lingkungan seperti sampah, pemanfaatan hutan, laut, pelestarian lahan pertanian dan perkebunan, maupun aturan-aturan terkait efek rumah kaca.

"Lalu, Regulasi di bidang mineral dan pertambangan dengan mempertimbangkan faktor manfaat dan resiko juga perlu mendapatkan atensi tersendiri," pungkasnya.

Terakhir, melalui program unggulan yang dicanangkannya ini, dirinya berharap dapat terwujudnya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang Cerdas, Maju, dan Sejahtera Berbasis Pembangunan Keberlanjutan.
Iklan Bangka Terkini