Camping Ground Tikus Emas

Aksi Sosial 'Darahku Bukti Cinta Untuk Sesama' Kumpulkan 47 Kantong Darah

20, October 2019 - 01:56 PM
Reporter : adithan
Aksi Donor Darah di PKM Riau Silip, Kabupaten Bangka, Sabtu (19/10/2019).
Aksi Donor Darah di PKM Riau Silip, Kabupaten Bangka, Sabtu (19/10/2019).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, dalam kegiatan aksi donor darah yang bertemakan 'Darahku Bukti Cinta Untuk Sesama', berhasil mengumpulkan sebanyak 47 kantong darah.

Diketahui, aksi sosial ini diselenggarakan oleh berbagai elemen yang terdiri dari Puskesmas Riau Silip, BKPRMI Bangka, Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, PMI Bangka, Kecamatan Riau Silip dan Pramuka Saka Bakti Husada Ranting Riau Silip, bertempat di PKM Riau Silip, Kabupaten Bangka, Sabtu (19/10/2019).

Ketua panitia Donor Darah Bersama, dr Hery Rachmadoni yang mewakili Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung kegiatan ini terutama kepada para pendonor.

" Peserta pendonor sangat antusias. Sebanyak 59 calon pendonor darah yang terdiri dari seluruh elemen masyarakat Riau Silip. Dari 59 calon pendonor, yang memenuhi syarat sebagai pendonor yakni 47 orang. Jumlah ini melebihi target awal kami yakni sebanyak 30 pendonor," ungkapnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan berupa pemeriksaan tensi dan pemeriksaan PTM seperti cek gula darah, kolesterol, asam urat dan pemeriksaan darah.

" Kegiatan tadi juga diselingi dengan penyuluhan tentang filariasis (kaki gajah) oleh pengelola program filariasis yang disertai dengan pemutaran video tentang kaki gajah dan promosi kesehatan," terangnya.

Lanjut, Ketum BKPRMI Bangka, Hari Subari yang juga ikut mendonorkan darahnya mengharapkan sinergitas yang terjalin dengan baik ini bisa terus dilanjutkan.

" Semoga kegiatan ini mendatangkan manfaat bagi kita semua, terutama bagi masyarakat yang membutuhkan. Kita sering mendengar tentang stok darah yang kurang, harapan kita kegiatan ini bisa membantu. BKPRMI Bangka siap bersinergi melakukan program kesehatan maupun lainnya yang langsung menyentuh masyarakat di kabupaten Bangka," pungkasnya.

Sementara itu, Muharlis, Pemuda Remaja Masjid dari Desa Riau yang merupakan salah seorang pendonor mengaku senang mengikuti kegiatan donor darah ini. " Ini merupakan donor darah perdana bagi saya, diharapkan bisa memberikan manfaat bagi yang membutuhkan. Karena baru pertama, saya sempat tegang dan takut. Tapi setelah dilalui ternyata tidak sakit seperti yang dibayangkan sebelumnya. Insya Allah kedepan saya akan menjadi pendonor darah rutin," tutup Muharlis. (Rap)