Camping Ground Tikus Emas

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Resmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R)

27, August 2020 - 07:03 AM
Reporter : adithan
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh resmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) di Jalan Tanjung Langka, Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (26/08/2020).
Doc
Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh resmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) di Jalan Tanjung Langka, Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (26/08/2020).

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh resmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPH-R) di Jalan Tanjung Langka, Kelurahan Padang Mulia, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Rabu (26/08/2020).

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menjelaskan RPH-R merupakan unit pelayanan masyarakat dalam penyediaan daging dengan prinsip Aman, Sehat, Utuh dan Halal (ASUH). " RPH-R ini berfungsi sebagai sarana untuk melaksanakan pemotongan hewan secara benar serta dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum dan sesudah dipotong untuk mencegah penularan penyakit zoonosis ke manusia," ungkapnya.

Tidak hanya itu, selain peresmian RPH-R juga diadakan serah terima bantuan ternak sapi dan shredder (alat pencacah pelepah sawit) dari bantuan APBD l Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kepada Bupati Bateng, dilanjutkan penyerahan dari Bupati Bateng kepada  Kelompok Tani Bateng.

" Semoga dengan adanya fasilitas yang lengkap dan memadai, diharapkan RPH-R Bangka Tengah dapat menghasilkan daging sapi yang aman untuk masyarakat dan kedepannya semakin banyak kegiatan pemotongan dilakukan di RPH-R ini," harap Ibnu Saleh.

Lebih lanjut, Kepala Bidang PKH Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Nurhayati juga menyerahkan secara simbolis bantuan 20 ekor sapi untuk 2 Kelompok Tani, yakni Kelompok Tani Maju Sejahtera dan Kelompok Tani Mandiri Pangan. Sedangkan 1 unit shredder diserahkan kepada Kelompok Tani Perintis dari Desa Kemingking.

" Semoga bantuan ini bermanfaat dan menjadikan kelompok tani disini lebih bersemangat untuk mengelola pertanian dan peternakan di Bangka Tengah," pungkasnya. (*)