Camping Ground Tikus Emas

Melalui Forum Warga, Bawaslu Ajak Masyarakat Kawal Pilkada Bangka Tengah 2020

24, October 2020 - 09:41 AM
Reporter : adithan
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Tengah bersama Panwaslu Kecamatan kembali menyambangi warga di Kabupaten Bateng melalui kegiatan Forum Warga.
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Tengah bersama Panwaslu Kecamatan kembali menyambangi warga di Kabupaten Bateng melalui kegiatan Forum Warga.

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Tengah bersama Panwaslu Kecamatan kembali menyambangi warga di Kabupaten Bateng melalui kegiatan Forum Warga.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mensosialisasikan kepada masyarakat Bangka Tengah untuk berperan aktif dalam mengawasi tahapan pelaksanaan Pilkada Pilbup dan cawabup tahun 2020.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto mengatakan bahwa kegiatan Forum Warga ini merupakan kegiatan sosialisasi untuk mengajak masyarakat agar berperan dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati  Bangka Tengah Tahun 2020. 

" Kegiatan ini juga untuk mensosialisasikan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah agar tidak melakukan pelanggaran dan mengajak untuk turut mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 Bateng, terutama pada masa kampanye yang sedang berlangsung saat ini," ungkap Robianto.

Lebih lanjut, kegiatan forum warga ini kita sudah melaksanakan nya di 3 titik berbeda, Desa Katis Kecamatan Simpang Katis, Desa Pangkal Raya Kecamatan Sungaiselan dan di Desa Nibung Kecamatan Koba, Jum'at (23/10/2020) kemarin.

" Dalam pelaksanaan Forum Warga ini, tentu pihak tentu memberikan himbauan kepada masyarakat yang hadir untuk bersama-sama memerangi money politic, menghimbau masyarakat yang tidak tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) jika sudah memenuhi syarat sebagai Pemilih dapat menggunakan hak pilihnya nanti dengan membawa E-KTP di TPS yang sesuai dengan identitas dirinya," terangnya.

Sementara itu, Anggota Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Andi Budi Yulianto menyampaikan bahwa pihaknya mendukung penuh kegiatan Forum Warga ini. Mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui apa-apa saja yang tidak boleh mereka lakukan dan bagaimana prosedur jika masyarakat ingin melaporkan suatu dugaan pelanggaran mengingat pentingnya peran masyarakat menjadi perpanjangan tangan dalam mengawasi setiap tahapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 khususnya di Bangka Tengah.

" Kami sangat berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini masyarakat yang hadir dapat menyampaikan kepada bawaslu kalau ada dugaan pelanggaran dalam masa kampanye," ucapnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Bateng, Muhamad Utoyo menambahkan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan ini pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

" Dalam sosialisasi ini juga disampaikan kepada masyarakat agar jangan mudah terpancing dengan berita-berita hoax. Apalagi saat ini sudah memasuki tahapan kampanye dan kami juga menghimbau agar tidak merusak Alat Peraga kampanye (APK), karena hal ini memiliki sanksi pidananya," pungkasnya. (BOM)

Penulis : Ilham Febry (Bangka Tengah)