Camping Ground Tikus Emas

Kepala Kemenag Pangkalpinang Imbau Warga Tetap Taati Protkes Saat Solah Idul Adha

15, July 2021 - 02:12 PM
Reporter : adithan
Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim
Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim

BANGKA BELITUNG TERKINI - PANGKALPINANG - Kepala Kemenag Kota Pangkalpinang, Abdul Rohim mengimbau kepada seluruh masyarakat di kota itu agar tetap mematuhi protokol kesehatan (Protkes) Covid-19 yang ketat saat melaksanakan Sholat Idul Adha dan kurban 1442 Hijriah.

“Hal itu berdasarkan surat edaran Kementrian Agama RI, tentang pedoman pelaksanaan Salat Idul Adha dan kurban 1442 Hijriah,” katanya di Pangkalpinang, Rabu (14/07/2021).

Ia mengatakan, untuk kegiatan takbiran yang sifatnya berkeliling ditiadakan, namun takbiran di dalam masjid diperbolehkan, dengan pembatasan seperti menerapkan protokol kesehatan.

“Tidak ada takbiran keliling dengan arak-arakan. Kalau takbiran di dalam masjid diperbolehkan,” ucapnya.

Selain itu kata Dia, terkait pelaksanaan salat Idul Adha berdasarkan zona wilayah, di mana untuk wilayah zona merah dan oranye itu ditiadakan.

Namun, penetapan zona wilayah tersebut saat ini masih menunggu keputusan dari pemerintah daerah.

Dikatakannya, untuk dua zona tersebut diperbolehkan dilaksanakan di masjid maupun di lapangan dengan protokol kesehatan dan kepasitas ruangan 50 persen. Selain itu semua panitia pelaksana dan jamaah salat harus mengenakan masker, panitia menyiapkan alat cek suhu, mengatur saf-saf salat dengan berjarak.

“Kemudian, semua jamaah membawa alat sholat sendiri, tidak melibatkan anak-anak. Kemudian tidak ada salam-salaman setelah sholat ied dan khotib berkhotbah maksimal durasi 15 menit, tentunya dengan memakai masker atau pelindung wajah,” katanya. (Red)