Camping Ground Tikus Emas

Pesta Adat Murok Jerami Meriahkan Kunjungan Dirjen Pembangunan Desa

30, January 2023 - 07:14 PM
Reporter : adithan
Pesta Adat Murok Jerami Meriahkan Kunjungan Dirjen Pembangunan Desa
Pesta Adat Murok Jerami Meriahkan Kunjungan Dirjen Pembangunan Desa

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Dalam rangka pengukuhan Penghargaan Desa Namang menjadi Desa Mandiri serta program Ketahanan pangan nabati dan hewani, Desa Namang langsung di sambangi Direktur Jenderal Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Kunjungan tersebut bertempat di persawahan Desa Namang Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah, Senin (30/01/2023).

Yang mana kegiatan ini juga di meriahkan pesta adat murok jerami yaitu salah satu cara bersyukur suku mengkanau atas hasil bumi.

Direktur Jenderal Pembangunan Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Sugito S. Sos. MH menyampaikan, bahwa kita harus menggali potensi Desa yang ada, salah satunya dengan cara melestarikan adat murok jerami ini.

" Karena pengembangan potensi Desa wisata yaitu dengan melestarikan adat dan budaya  tanpa harus meninggalkan nilai nilai yang terkandung di dalamnya," ungkapnya.

Pesta adat murok jerami suku mengkanau urang namang ini suatu ritual budaya sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi dan kelestarian alam.

" Jadi adat ini harus kita lestarikan agar menjadi salah satu daya tarik wisata serta unggulan tahunan bagi Bangka Tengah," ujarnya.

Berdasarkan indeks Desa Membangun (IDM) tahun 2022 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung  menempati posisi ke -7 dalam rata rata status IDM per Desa setelah 5 Provinsi Bali, DIY, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat dan Kalimantan Barat.

"Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang desanya masuk dalam kategori maju, berdasarkan data IDM tahun 2022," jelasnya.

Lebih lanjut, hal ini karena dari 56 Desa di Bangka Tengah terdapat 6 Desa yang telah berstatus Desa Mandiri, 30 berstatus Desa maju, dan 20 berstatus Desa berkembang.

"Hal ini di karenakan sudah mampu terlepas dari Desa tertinggal dan Desa sangat tertinggal tentunya pencapaian ini sangat baik sekali," tambahnya.

Melalui ini, langkah strategis Bangka Tengah bisa di tempuh dengan mudah karena sebuah pencapaian yang membanggakan sudah di torehkannya.

"Dan tentunya pendekatan strategis yang lebih efektif dan efisien sehingga mampu mendorong Bangka Tengah dengan status rata rata IDM nya mandiri," pungkas Dirjen PDP.

Sementara itu, Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaludin yang berkesempatan hadir dalam sambutannya menyampaikan, berterimakasih atas dukungan semua pihak dan saya berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut, agar kesejahteraan di Babel semakin baik," ungkapnya.

selamat kepada Kepala Desa dan warga Namang atas penghargaan sebagai Desa Mandiri, dirinya pun sempat khawatir karena adanya isu ketahanan pangan di Babel.

" Seolah olah kesannya kita tidak mau menyentuh sektor pertanian dan perikanan, namun dari upaya Desa Namang ini, saya optimis kita mampu memenuhi kebutuhan pangan kita," tutup Ridwan. (BOM)