Camping Ground Tikus Emas

Bupati Bangka Tengah Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023

31, May 2023 - 02:54 PM
Reporter : adithan
Bupati Bangka Tengah Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023
Bupati Bangka Tengah Pimpin Apel Siaga Sensus Pertanian 2023

BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bangka Tengah gelar Apel Siaga Sensus Pertanian 2023 (ST2023) dan Pelepasan Petugas Lapangan Sensus Pertanian 2023 bertempat di Gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Rabu (31/05/2023).

Apel ini digelar dalam rangka menyatukan komitmen bersama dalam menyukseskan Sensus Pertanian 2023 yang akan dilaksanakan pada 1 Juni hingga 31 Juli 2023.

Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, yang menjadi Pembina Apel mengatakan bahwa pertanian memegang peran penting dan memberikan kontribusi sebesar 11.77% terhadap perekonomian Indonesia di Triwulan I 2023. Hal ini merupakan terbesar keempat setelah sektor industri pengolahan, perdagangan, dan pertambangan. Oleh karena itu, dibutuhkan akurasi data untuk mencapai kualitas dan kebermanfaatan data.

“Saya harap pelaksanaan ST2023 mampu memberikan gambaran komprehensif terkait kondisi pertanian di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bangka Tengah, sehingga data yang diperoleh mampu menjadi rujukan dalam penyusunan kebijakan strategis sektor pertanian di Bangka Tengah, serta menjadi tolok ukur perencanaan dan evaluasi selama 10 tahun kedepan,” kata Algafry.

Selain itu, Algafry juga menekankan koordinasi BPS dengan OPD terkait harus ditingkatkan dalam menyukseskan ST2023. Tidak lupa, Ia memberikan wejangan kepada petugas Sensus Pertanian yang menjadi peserta pada Apel Siaga tersebut.

“Saya minta petugas ST 2023 bekerja secara serius di lapangan. Tingkatkan koordinasi dengan aparat setempat mengenai kegiatan pendataan dan juga penyuluh-penyuluh pertanian di wilayah masing-masing. Saya minta seluruh jajaran BPS juga turut memantau jalannya ST2023, sehingga data yang dikumpulkan betul-betul akurat dan berkualitas,” ungkap Algafry.

Sementara itu Kepala BPS Kabupaten Bangka Tengah, Rizanal Mahmudin, mengatakan Sensus Pertanian 2023 ini secara komprehensif mencakup seluruh dasar pertanian, bukan hanya pertanian tanaman pangan tetapi juga hortikultura, peternakan, perikanan, maupun kehutanan.