Camping Ground Tikus Emas

Petani Bersama Kades Perlang Panen Bawang Merah Mencapai 2 Ton

20, July 2023 - 11:54 AM
Reporter : adithan
Petani Bersama Kades Perlang Panen Bawang Merah Mencapai 2 Ton
Petani Bersama Kades Perlang Panen Bawang Merah Mencapai 2 Ton
BANGKA TENGAH, BANGKA TERKINI - Raut muka ceria terpancar dari Petani Dusun Nadi Desa Wisata Perlang saat memanen bawang merah.

Panen bawang Petani bersama Kades Perlang dan PPL se Kecamatan Lubuk Besar tersebut dianggap berhasil, karena dari umbi hanya 400 Kg bawang merah yang dipanen mencapai 2 ton.

“Perkiraan kita mencapai 2 ton, dari umbi yang berikan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah 400 Kg,” ujar salah seorang Petani Nadi, Agus, Kamis (20/07/2023).

Menurut Agus, luas lahan yang dimilikinya mencapai 4 hektar, dilahan inilah ia beraktifitas bersama Petani lainnya.

“Alhamdulillah, tanah disini subur. Untuk bertani holtikultura, selama ini berhasil. Cabai berhasil, bawang hari ini dipanen berhasil dan saat ini kita tanam semangka juga. Sumber dana dari Dana Desa kalau semangka, kalau bawang merah bantuan dari Bupati Bangka Tengah, Algafru Rahman,” ulasnya.

Agus mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dan Pemerintah Desa Perlang atas perhatiannya terhadap Petani.

“Kepada PPL juga kami ucapkan terimakasih atas bimbingannya,” tutup Agus.

Kepala Desa Wisata Perlang, Yani Basaroni menyarankan ke Patani agar memasarkan bawang yang dipanen ini ke masyarakat Desa Perlang, sisanya baru di jual ke tengkulak.
“Kepinginnya kita yang menikmati bawang hasil alam Nadi ya masyarakat Perlang. Jangan di jual semua ke tengkulak,” kata pria yang biasa disapa Ronie Arabel.

Ia mengapresiasi keseriusan Petani Nadi dalam mengoptimalkan bantuan Pemerintah Daerah Bangka Tengah maupun Pemerintah Desa Perlang.
“Kalau kita serius, pasti berhasil,” ungkapnya.