Camping Ground Tikus Emas

CPNS Kemenkumham Tak Wajib Cetak Kartu, Cek Jadwal Ujian SKD di Situs Ini!

11, September 2017 - 04:32 PM
Reporter : Bang Kini
Gambar Ilustrasi Test CPNS
Gambar Ilustrasi Test CPNS

Situs Kementerian Hukum dan HAM sempat tak bisa diakses dalam beberapa hari terakhir. Hal ini membuat pelamar CPNS Kemenkumham 2017 kesulitan mengakses dan mencetak kartu tes. Pihak Kemenkumham sempat mengatakan situ telah kembali normal, Jumat (8/9/2017) malam.

Mengatasi persoalan ini akhirnya Kemenkumham memutuskan tak lagi mewajibkan CPNS mencetak kartu. Sebagai gantinya Kemenkumham akan menyediakan waktu dan tempat ujian di situs Kemenkumham dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Sejak Sabtu siang ini, pelamar CPNS dapat melihat pengumuman waktu dan tempat seleksi di situs Kemenkumham dan BKN. Keputusan itu sesuai SEK.KP.02.01-740 yang menyatakan CPNS Kemenkumham tak lagi perlu cetak kartu antrian.

Selain itu CPNS Kemenkumham 2017 yang mengikuti tahap verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan bagi kualifikasi pendidikan SLTA sederajat diminta membawa sejumlah dokumen.

Dokumen itu di antaranya Ijazah/STTB (asli), Transkrip nilai Ijazah/STTB (asli), Kartu Tanda Penduduk/Surat Keterangan Perekaman Kependudukan (suket) (asli), Lembar bukti pendaftaran SSCN (fotokopi), dan Pas Foto ukuran 4x6 berlatar belakang merah 2 lembar.

Pada poin kedua juga menyebutkan CPNS tak lagi perlu membawa cetakan nomor antrian pelaksanaan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan.

Lihat jadwal dan tempat ujian SKD di situs Kemenkumham dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).
http://registrasi.kemenkumham.go.id

Peserta Khawatir

Sebelumnya Setelah sempat mengalami masalah, registrasi online ulang di website cpns.kemenkumham.go.id untuk mendapatkan nomor absensi, jadwal lokasi dan tempat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) sudah bisa dilakukan.

Kepastian ini diumumkan lewat akun twitter @cpnskumham2017 dan @Kemenkumham_RI.

Akun twitter @cpnskumham2017 dan @Kemenkumham_RI menyebutkan, proses pencetakan nomor antrean akan dilayani hingga Senin, 11 September 2017 pukul 23.59 WIB.

Admin kemudian memposting sebuah gambar yang menunjukkan wujud kartu nomor antrean. Dalam itu diperlihatkan dua buah kartu nomor antrean yakni untuk pelamar tingkat SLTA dan pelamar dari Sarjana. Terlihat, nomor tersebut untuk untuk ujian di lokasi Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta. Seperti diketahui, tes dasar yang awal akan dilakukan di Jakarta kemudian direvisi menjadi di kantor wilayah yang ada di daerah.

"Sudahkah cetak no registrasi/antrian peserta? Kiri : no antrian SLTA (Verif berkas asli)
Kanan : Sarjana (SKD)," demikian postingannya.

Namun sejumlah pelamar ternyata masih mengalami kesulitan untuk mengakses cpns.kemenkumham.go.id. Laman tersebut masih down tak bisa diakses. Mereka mencurahkan kegelisahan dalam komentar di postingan akun @cpnskumham2017 dan @Kemenkumham_RI.

Seorang pelamar yang sepertinya paham betul tentang jaringan internet memberikan bocoran kenapa website tersebut masih down.

Mereka yang paham tentang internet ini rata-rata menyalahkan panitia kenapa menggunakan server yang kurang bagus.

"Gimana mau kebuka webnya di ping aja timeout terus, jika mereka niat bantu mereka pasti migrasikan webnya ke server/hosting yg lebih handal," tulis @SilaAcId.

Karena website ngadat itu, pelamar bahkan sampai berjuang mengakses dari malam sampai pagi. Namun hasilnya masih nihil. Adapula pelamar yang sudah masuk ke lama webiste cpns.kemenkumham.go.id namun tak bisa melanjutkan ke proses pengisian data. Pelamar yang kebingungan bahkan sampai ketakutan bila dirinya gugur sebagai peserta tes lantaran tak bisa mengakses sampai batas waktu yang ditentukan.

@gusviandriawan1: Ga lucu kan min gugur hanya karena belom bisa dapetin kartu antrian gegara ga bisa masuk ke portal nya @brilianam : Disinilah para peserta akan gugur ketika tidak bisa mengakses laman... Menggugurkan tanpa perlu mengeluarkan keringat
Yang lebih dramatis lagi, pelamar yang sudah berhasil mengisi data registrasi namun saat hendak mencetak nomor antrean malah mengalami gangguan.

Sesuai edaran, ketentuan yang harus dipenuhi pelamar CPNS dari Dokter Spesialis, Dokter dan Sarjana adalah sebagai berikut:

Peserta yang telah dinyatakan lulus Verifikasi Dokumen Unggah wajib mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar dan mencetak Kartu Peserta Ujian pada tanggal 6 s.d. 9 September 2017 pukul 16.00 melalui laman aplikasi https://sscn.bkn.go.id;