Camping Ground Tikus Emas

cara manajemen waktu yang baik

25, November 2018 - 12:14 AM
Reporter : Martin Tiranda
Mengatur Waktu
Mengatur Waktu

Bangka Terkini -- Kalau selama ini anda susah untuk mengatur waktu dalam bekerja dan waktu Istrihat segera lah mulai untuk belajar manajemen waktu. Apapun pekerjaan anda mengatur waktu itu penting, dengan sebaik baiknya agar waktu anda lebih produktif.
Inilah cara manajemen waktu yang terbaik dan perlu anda coba ??
Teknik Pomodoro.

Metode manajemen waktu ini bisa anda coba dengan beberapa sesi dimana setiap sesi terdiri dari 4×25 menit, dan setiap 25 menit diberikan waktu istirahat selama 5 menit.

jika anda sudah menyelesaikan satu sesi, Anda bisa istirahat lebih lama, misalnya selama 30 menit.

1. Untuk mencoba metode Pomodoro, Anda memerlukan sebuah timer. Anda bisa menggunakan stopwatch atau aplikasi timer dan alarm yang ada di smartphone Anda.

2. Buatlah daftar tugas yang akan dikerjakan, tulis daftar tugas tersebut di kertas. Tulis daftar tugas tersebut berdasarkan skala prioritas. Sebenarnya tugas-tugas tersebut bisa Anda buat di hari-hari sebelumnya agar lebih detail dan tepat sasaran.

3. Atur timer Anda selama 25 menit. Setelah itu, mulailah mengerjakan tugas Anda berdasarkan skala prioritas. Ingat bahwa Anda harus fokus mengerjakan tugas tersebut selama 25 menit, jangan lakukan hal lain. Jika Anda menyadari bahwa ada hal baru yang perlu dikerjakan, tulislah tugas tersebut di daftar tugas yang sudah dibuat tadi.

4. Ketika timer/ alarm berbunyi, berhentilah mengerjakan tugas tersebut dan beristirahat sebentar selama 5 menit. Dalam kurun waktu 5 menit ini, Anda bisa melakukan berbagai hal seperti memeriksa gadget, membaca email, melakukan peregangan otot, minum, ke toilet, dan lain sebagainya. Tapi ingat bahwa waktu istirahat Anda hanya 5 menit, jangan sampai lewat ya.

5. Setelah masa istirahat selesai, lanjutkan kembali mengerjakan tugas yang lain atau menyelesaikan tugas pertama yang belum selesai. Selalu berikan tanda centang pada tugas yang sudah selesai dikerjakan.

Setelah mengerti teknik Pomodoro dan mengetahui manfaatnya, Anda bisa menerapkannya pada pekerjaan apapun yang sedang dan akan Anda lakukan. Dengan melakukan satu atau dua sesi teknik Pomodoro ini, Anda akan melihat produktifitas kerja Anda semakin baik.

 

Selamat mencoba!