Camping Ground Tikus Emas

Demi Sukseskan Pemilu 2019, KPU Kab. Bangka Terus Gencarkan Kursus Singkat Kepemiluan

14, October 2018 - 07:46 PM
Reporter : adithan
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka kembali mengadakan Kursus Singkat Kepemiluan, di Kecamatan Riau Silip, Minggu (14/10/2018).
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka kembali mengadakan Kursus Singkat Kepemiluan, di Kecamatan Riau Silip, Minggu (14/10/2018).

Bangka Terkini, Sungailiat --- Setelah sukses mengadakan Kursus Singkat Kepemiluan di Kecamatan Sungailiat beberapa waktu lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka kembali mengadakan kegiatan yang sama di Kecamatan Riau Silip, Minggu (14/10/2018).

Dengan 25 peserta yang merupakan perwakilan dari seluruh desa di Kecamatan Riau Silip, guna mendapatkan pengetahuan tentang Kepemiluan, yang bertempat di Balai Desa Silip, Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka.

Hadir pada pembukaan kegiatan tersebut, Meggi Ketua PPK Riau Silip, Sumanto Sholeh Kades Silip, Anggota PPK Jarjis dan Irma Sagita serta perwakilan Panwascam Riau Silip.

Ketua KPU Kabupaten Bangka, H. Zulkarnain Alijudin, menyampaikan materi tentang Tahapan, Jadwal dan Program Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

" Berbagai kegiatan pelaksanaan pemilu sudah dilaksanakan ditingkat kabupaten diantaranya verifikasi partai politik, penetapan daerah pemilihan (dapil), penetapan calon legislatif, penentuan lokasi kampanye, penyempurnaan data pemilih, persiapan logistik dan kegiatan lainnya," ungkapnya.

" Semoga akan muncul penyelenggara pemilu berkualitas dari kegiatan kursus singkat kepemiluan ini," harapnya.

Sementara itu Siti Aminah, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan terkait proses pelaksanaan Pemilihan Umum di TPS yang dilanjutkan dengan simulasi pemungutan suara.

" Simulasi ini melibatkan seluruh peserta, ada yang bertugas sebagai ketua dan anggota KPPS, saksi, pengamanan TPS, pengawas maupun pemilih. Suasana simulasi dibuat menyerupai kegiatan pada hari pemungutan suara, lengkap dengan kotak dan bilik suara serta spesimen surat suara," jelasnya.

Lanjutnya, Kegiatan kursus singkat kepemiluan ini merupakan upaya KPU Bangka dalam menyiapkan kaderisasi penyelenggara pemilu sehingga sebagian besar peserta adalah anak muda.

" Kegiatan dibuat menarik dengan metode diskusi kelompok serta diselingi dengan atraksi yel-yel serta doorprize bagi peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari pemateri," terangnya.

Sambung Vita, salah seorang peserta dari Air Tenggiling Desa Cit mengaku senang mengikuti kursus kepemiluan ini. Selain mendapat banyak teman baru, Dirinya juga bersyukur karena mendapatkan pengetahuan tentang dunia kepemiluan.

" Sehingga Saya pun siap berpartisipasi mensukseskan Pemilihan Umum Tahun 2019 nanti, dengan menjadi petugas KPPS di tempat tinggalnya," tutupnya.