Camping Ground Tikus Emas

Realisasikan Gerakan Literasi di Babel, Ini Yang dilakukan BKPRMI Bangka Bersama Duta Bahasa Perwakilan Babel

31, January 2019 - 10:48 PM
Reporter : adithan
"WARUNG MBA'HASA" menjadi terobosan dalam menggiatkan budaya baca di kalangan masyarakat. Program ini dibuka pada Rabu malam, (30/01/2019) di Sekretariat BKPRMI Bangka.
"WARUNG MBA'HASA" menjadi terobosan dalam menggiatkan budaya baca di kalangan masyarakat. Program ini dibuka pada Rabu malam, (30/01/2019) di Sekretariat BKPRMI Bangka.

Bangka Terkini, Sungailiat --- Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Bangka, bersinergi dengan Duta Bahasa Provinsi Bangka Belitung (Babel) 2018 ikut andil dalam merealisasikan Gerakan Literasi Nasional di Bumi Serumpun Sebalai.

Sebuah gagasan baru yang dinamai sebagai "WARUNG MBA'HASA" menjadi terobosan dalam menggiatkan budaya baca di kalangan masyarakat. Program ini dibuka pada Rabu malam, (30/01/2019) di Sekretariat BKPRMI Bangka. Serta dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Kepulauan Bangka Belitung, Ketua DPD BKPRMI Bangka dan dihadiri oleh lebih dari 50 perwakilan komunitas muda di Bangka.

Penggagas program tersebut yang merupakan Duta Bahasa Nasional Asal Babel 2018, M. Arinda Unigraha memaparkan bahwa Program ini merupakan ikhtiar atau usaha, diberi nama WARUNG MBA'HASA yang bertujuan untuk menyebarkan virus-virus literasi dan budaya membaca bagi masyarakat.

" Warung MBA'HASA merupakan Kedai tempat nongkrong / kumpul-kumpul lintas usia, seperti warkop/kedai pada umumnya. Namun kedai ini dilengkapi dengan fasilitas literasi sepeti ratusan buku bacaan lintas usia, fasilitas diskusi, internet, serta pengenalan kosakata Bahasa Indonesia," terangnya.

Tidak hanya itu, Dirinya bersama rekan lainnya akan berupaya untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan literasi dan kebahasaan rutin seperti Bedah Buku, Bedah Film, Diskusi publik, berbagai perlombaan (pantun, puisi, gurindam, orasi, pidato),  nagji dan dakwah, belajar bahasa dan kosakata, pelatihan kebahasaan, seminar ilmiah hingga acara-acara khusus untuk mendukung gerakan literasi yang melibatkan generasi muda.

" Semoga dengan kehadiran perwakilan dari 50 komunitas dalam pembukaan ini, akan mempercepat penyebaran semangat dan dukungan giat-giat literasi untuk kepentingan pendidikan di Bangka Belitung," harapnya.

Lanjut Ketua DPD BKPRMI Bangka, Hari subari yg juga hadir dalam pembukaan kegiatan menyampaikan rasa syukurnya dengan adanya terobosan baru dari Kader BKPRMI Bangka ini. Serta pihaknya akan terus mendukung langkah-langkah kreatif untuk kegiatan-kegaitan positif bagi generasi muda seperti program tersebut.

" Adanya Warung MBA'HASA dengan berbagai fasilitas literasi ini kami berharap ada edukasi bagi generasi muda. Pasalnya sekarang ini anak muda seperti kehilangan jati diri, mereka sibuk dengan dunia maya terkadang lupa dengn dunia nyata," pungkasnya.

" Di sini mereka bisa bersilaturahmi, ngobrol membicarakan hal-hal penting, serta menambah wawasan dan pengetahuan," lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Babel, Drs Yani Paryono, M.Pd  yg membuka program ini secara resmi juga menyampaikan suka citanya, serta sangat berterima kasih sekali kepada teman-teman generasi muda di Bangka mau berkiprah dalam bidang Bahasa melalui WARUNG MBA'HASA ini.

" Kami akan mendukung sepenuhnya semua agenda terkait pemartabatan Bahasa Indonesia di semua komponen masyarakat termasuk salah satu nya di tempat yg murni digagas oleh anak muda Bangka ini," terangnya.

" Mudah-mudahan Ini bisa menjadi salah satu contoh kreatif di Bangka Belitung untuk meningkatkan kegiatan Literasi, juga untuk menghidupkan  kegiatan ekonomi kreatif di Bangka Belitung. Semoga ini menjadi awal yang sangat baik dan kami mendukung sepenuhnya," tutupnya.