Camping Ground Tikus Emas

Tingkatkan Angka Partisipasi Pemilih Pemula Pada Pemilu 2019, Relasi KPU Bangka Gelar 2 Kegiatan Sekaligus

08, February 2019 - 08:09 PM
Reporter : adithan
Relasi KPU Bangka Menggelar kegiatan sosialisasi dilakukan bersamaan yakni sosialisasi pemilu berupa Lomba Stand Up Comedy Pemilu 2019 dan Relasi Goes To School di SMAN 1 Bakam, Kamis (07/02/2019).
Relasi KPU Bangka Menggelar kegiatan sosialisasi dilakukan bersamaan yakni sosialisasi pemilu berupa Lomba Stand Up Comedy Pemilu 2019 dan Relasi Goes To School di SMAN 1 Bakam, Kamis (07/02/2019).

Bangka Terkini, Balun Ijuk --- Relawan Demokrasi (Relasi) KPU Kabupaten Bangka, terus melakukan kegiatan sosialisasi Pemilu 2019 di berbagai wilayah Kabupaten Bangka. Kali ini dua kegiatan sosialisasi dilakukan bersamaan yakni sosialisasi pemilu berupa Lomba Stand Up Comedy Pemilu 2019 dan Relasi Goes To School di SMAN 1 Bakam, Kamis (07/02/2019).

Lomba Stand Up Comedy Pemilu 2019 yang bertempat di Gazebo Fakultas Ekonomi, dihadiri ratusan mahasiswa yang mengikuti sosialisasi pemilu 2019 yang disampaikan Relawan Demokrasi. Kegiatan yang Mengusung tema partisipasi pemilih muda dalam menyukseskan pemilu 2019, relasi segmen pemilih muda bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik UBB dan Gema Harmoni UBB.

Anggota Relasi KPU Bangka, Swari Zulivan beserta Nastazia, Siti Islamiah, Rani Dian Sari, Elisa Ramayanti dan Mafira Fitri secara bergantian menyampaikan materi kepemiluan mulai dari pentingnya pemilu bagi anak muda, tanggal dan waktu pelaksanaan pemilu, jenis dan warna surat suara, peserta pemilu hingga tata cara pindah memilih bagi mahasiswa yang berasal dari luar daerah.

Arsyil Aziz, Komisioner KPU Bangka yang hadir pada kegiatan tersebut menyambut baik kegiatan ini, yang mana Sosialisasi dikemas dengan menarik, yang diselingi dengan hiburan dan lomba stand up comedy yang sekarang lagi di senangi anak muda, " Semoga Mahasiswa yang hadir bisa menyampaikan informasi kepemiluan ini kepada yang lain," ujar Aziz.

Lanjut Dr.Ibrahim, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UBB turut hadir pada pembukaan acara, dan sangat  mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU Bangka atas dipilih kampus UBB sebagai tempat kegiatan sosialisasi ini, " Kami mendoakan Pemilu 2019 ini dapat berlangsung dengan sukses," doanya.

Terpilih menjadi pemenang pertama lomba, Arjuna Tarigan dari Jurusan Teknik Pertambangan setelah mengalahkan Muhammad Aldys dari Jurusan Ilmu Politik dan Arham dari Fakultas Pertanian, Perikanan dan Biologi masing-masing sebagai pemenang kedua dan ketiga.

Sementara itu bertempat di Ruang Serba Guna SMAN 1 Bakam, puluhan siswa dari SMAN 1 dan SMKN 1 Bakam mendeklarasikan Pemilu 2019 Anti Golput yang dilanjutkan dengan penandatanganan kain putih sebagai dukungan pelajar terhadap kesuksesan Pemilu 2019 di Kabupaten Bangka. Selain itu mereka juga melakukan simulasi pemilihan, games, lomba pantun bersahut serta pembagian door prize.

Yogi Alviansyah, koordinator Relasi segmen pemilih pemula yang mengadakan sosialisasi ini mengharapkan dengan dilakukan deklarasi anti golput ini akan meningkatkan angka partisipasi masyarakat khususnya pemilih pemula pada Pemilu yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 ini.

Lebih lanjut, Iman Supiar, Komisioner KPU Bangka disela-sela monitoringnya mengajak siswa-siswi di Kecamatan Bakam untuk tidak apatis terhadap dunia politik, salah satu bentuknya melalui ikut berpartisipasi dalam Pemilu 2019.