Camping Ground Tikus Emas

Tingkatkan Partisipasi Pemilu 2019 khususnya Pemilih Pemula, KPU Bangka Terus Gencar 'Goes To School'

20, February 2019 - 11:37 PM
Reporter : adithan
Rabu, (20/02/2019) bertajuk KPU Bangka 'Goes To School', sosialisasi di lakukan kepada 100 pelajar SMAN 1 Mendo Barat yang telah memiliki hak pilih, guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2019.
Rabu, (20/02/2019) bertajuk KPU Bangka 'Goes To School', sosialisasi di lakukan kepada 100 pelajar SMAN 1 Mendo Barat yang telah memiliki hak pilih, guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2019.

Bangka Terkini, Mendo Barat --- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka, terus melakukan kegiatan sosialisasi guna pemahaman tentang Pemilihan Umum Tahun 2019.

Seperti pada Rabu, (20/02/2019) bertajuk KPU Bangka 'Goes To School', sosialisasi di lakukan kepada 100 pelajar SMAN 1 Mendo Barat yang telah memiliki hak pilih, guna meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilu 2019.

Hadir pada acara tersebut, Komisioner KPU Bangka Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Hartati, Ketua PPK Mendo Barat Eddy Sugara, Kepala SMAN 1 Mendo Barat Muh Bambang, Kasubbag Teknis Bisma Hidayat dan Relawan Demokrasi.

Hartati mengajak para pelajar yang sebagian besar pemilih pemula untuk turut menyukseskan pemilu 2019, dengan pembekalan materi kepemiluan tentang pentingnya arti pemilu, jenis dan warna surat suara, para peserta pemilu serta kategori surat suara sah dan tidak sah. Disela-sela penyampaian materi juga dilakukan sesi tanya jawab dan pembagian door prize.

" Suara adik-adik akan menentukan masa depan bangsa. Wakil- wakil rakyat yang terpilih akan menentukan kebijakan pembangunan di daerah adik-adik sampai lima tahun mendatang, " pesan Hartati.

Sementara itu, Ketua PPK Eddy Sugara juga menyampaikan beberapa hal yang bisa dilakukan pemuda dalam menyukseskan pemilu 2019, diantaranya hadir menggunakan hak pilih pada tanggal 17 April 2019, turut mengajak teman dan keluarga serta tidak menyebarkan informasi atau berita yang belum dipastikan kebenarannya.

Tidak hanya sosialisasi, pada kegiatan tersebut dilakukan juga simulasi pemungutan suara yang melibatkan pelajar sebagai petugas KPPS, pemilih, saksi dan Pengawas TPS yang di pandu oleh Kasubag Teknis Bisma Hidayat.

" Para pelajar ini dibekali dengan simulasi agar mereka memiliki gambaran awal tentang proses pemilihan suara di TPS seperti pada hari H. Selain itu juga kami memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas KPPS karena secara aturan mereka telah memenuhi salah satu syarat KPPS  yakni telah berusia di atas 17 tahun," ujar Bisma.

Lebih lanjut, Mahyudi Darusman salah seorang peserta menyampaikan terima kasih kepada KPU Bangka dan PPK Mendo Barat yang telah memberikan materi kepemiluan. Pelajar yang didaulat menjadi Ketua KPPS saat simulasi ini juga mengajak generasi muda untuk aktif menyukseskan Pemilu 2019, " Kawan-kawan jangan lupa, 17 April mendatang kita pilih pemimpin negara dan wakil-wakil kita dengan datang ke TPS terdekat," ajaknya. (Raf)