Camping Ground Tikus Emas

Pansus RZWP3K 'Laut Babel, Bisa Jadi Zona Pertahanan Nasional'

13, May 2019 - 07:51 PM
Reporter : adithan
Foto (doc)
Foto (doc)

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Pansus RZWP3K DPRD Provinsi Babel mengatakan laut Babel berpeluang, menjadi zona pertahanan nasional.

Hal tersebut dikatakan Ketua Pansus RZWP3K, Adet kepada media, Senin (13/05/2019). Diakuinya, bahwa beberapa data informasi telah dikumpulkan oleh Pansus RZWP3K. Termasuk peluang laut Babel menjadi zona pertahanan nasional.

" Kajian ini yang kami lakukan, serta menurut informasi dari Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Babel itu masuk zona pertahanan nasional, untuk pengamanan," ungkapnya.

" Hal inilah yang belum diketahui oleh pihak Pemprov Babel dalam pengumpulan data informasi dan inventarisir pemasalahan dalam pembahasan Perda RZWP3K," akuinya.

Lanjutnya, dalam menetapkan zona pertambangan ini juga, tidak boleh sembarangan. " Mau menetapkan pertambangan sesuai ketetapan pemerintah pusat bahwa wewenang di daerah cuma sampai 12 mil, dalam 12 mil itu ke laut dimana banyak timahnya kita harus tahu dulu. Jangan sampai sudah kita tetapkan oh ini zona pertambangan tapi tahu-tahu depositnya nggak ada, kan percuma," terangnya.

" Begitu juga perikanannya. Terumbu karang kita itu dimana? kan harus tahu, untuk itu dinas teknis yang tahunya bukan DPRD. Begitu juga dengan pariwisata," tutupnya.