Camping Ground Tikus Emas

Pemkot Pangkalpinang Gelar Upacara Hardiknas 2019, Ini Pesan Mendikbud RI

02, May 2019 - 03:06 PM
Reporter : adithan
Wakil Walikota Pangkalpinang, M. Sopian bacakan amanat Kemendikbud RI saat Upacara Hari Pendidikan Nasional 2019, di Gedung OR Walikota Pangkalpinang, Kamis (02/05/2019).
Wakil Walikota Pangkalpinang, M. Sopian bacakan amanat Kemendikbud RI saat Upacara Hari Pendidikan Nasional 2019, di Gedung OR Walikota Pangkalpinang, Kamis (02/05/2019).

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang gelar Upacara Peringati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019, di Gedung OR Pemerintah Kota Pangkalpinang tersebut, yang di Pimpin langsung oleh Wakil Walikota Pangkalpinang M. Sopian, Kamis (02/05/2019).

Hadir dalam kegiatan upacara tersebut, Pejabat Pemkot Pangkalpinang, Lurah Se Kota Pangkalpinang, Danramil 413-11/Taman Sari Mayor Inf Ferdinandus, beserta Forkopimda wilayah Kota Pangkalpinang, dan guru se Kota Pangkalpinang.

Wakil Walikota Pangkalpinang, M Sopian dalam sambutannya membacakan amanat Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengatakan, Tanggal 2 Mei diambil dari kelahiran Ki Hajar Dewantara tokoh Pahlawan Nasional sekaligus Bapak Nasional Pendidikan.

Lanjutnya, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberikan perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar terdepan maupun tertinggal, bahkan kemendikbud memberikan perhatian khusus pada anak - anak Indonesia yang berada diluar batas negara seperti anak anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak negara bagian Malaysia.

Kekuatan sektor pendidikan dan kebudayaan menemukan urgensinya, terkait dengan itulah tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2019 adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

" Tema ini mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kenudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman guna membingkai hadirnya sumberdaya sumberdaya yang berkualitas demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan," pesannya.

Menurutnya, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai keterbatasan yang masih ada dalam proses pembangunan pendidikan dan kebudayaan di Tanah Air.

" Melalui momentum Hari Pendidikan Nasional, marilah kita konsentrasi segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia, yang di landasi karakter yang kuat keterampilan dan kecakapan yang tinggi sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif," harapnya.

Lebih lanjut, Sopian menyampaikan atas nama Pemerintah, memberikan penghargaan dan penghormatan setinggi tingginya kepada insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri. Terutama kepada ibu dan bapak pendidik dan tenaga kependidikan disemua jenjang para pegiat PAUD, Pegiat literasi, para tokoh agama, wartawan dan kontributor pendidik lainnya yang tak lelah menyampaikan mimpi, memberikan inspirasi membuka jalan terang masa depan anak Indonesia agar menjadi manusia cerdas berkarakter kuat dan memberikan manfaat bagi sekitarnya.

" Teruslah bersemangat dan tulus menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia," tutupnya. (*)