Camping Ground Tikus Emas

Rio Sebut Pemerintah Belum Maksimal Berpihak Kepada UMKM Lokal

26, September 2019 - 07:17 PM
Reporter : adithan
Anggota DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady
Anggota DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady

Berita Bangka Belitung Terkini - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Kurang dari 5 tahun terakhir, Pemerintah kurang fokus terhadap pelaku UMKM Lokal. Hal tersebut ditegaskan Anggota DPRD Pangkalpinang, Rio Setiady kepada media, Kamis (26/09/2019).

Diakui Rio, Perekonomian yang semakin melemah melanda Pangkalpinang, karena kurang maksimalnya Pemerintah kota Pangkalpinang dalam keperpihakan kepada UMKM lokal.

" Memang seharusnya Pemerintah lebih mengutamakan dan fokus terhadap UMKM lokal dulu karena ini merupakan tenaga kerja lokal semua, dan kita lihat dari 2014 hingga 2019 kita belum melihat maksimalnya keperpihakan Pemerintah terhadap UMKM Lokal," ungkap Rio.

Disayangkan Rio, Bukannya Fokus Pemerintah malah membuka peluang bisnis mini market Nasional, " Hal ini harus menjadi pertimbangan kita semua. Pemerintah harus tegas dalam hal ini, mereka yang masuk ke Pangkalpinang ini harus dikawal, apakah didalamnya UMKM lokal dapat berkontribusi atau tidak," terangnya.

" Dalam setiap gerai mini market Nasional, diharapkannya harus punya space produk lokal agar bisa masuk. Ini harus kita kawal, jangan sampai ketika mereka masuk, namun tidak ada konten lokal disitu," tegasnya.

Lanjut Rio juga meminta agar dalam anggaran Pemerintah bisa membantu UMKM lebih diperbanyak. "Seperti UMKM yang ingin menambahkan IRT, MDI dan Halal MUI, itu kan berat bagi mereka butuh bantuan dari Pemerintah. Bahkan kita harus bantu mereka untuk memasarkan produknya ke luar Bangka," tuturnya.

Namun, Rio juga sangat mengapresiasi tindakan Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil yang mengundang para UMKM untuk mendirikan stand di Pangkalpinang Fair dalam merayakan HUT 262 Pangakalpinang kemarin.

" Ini tinggal kita follow up lagi kita tindak lanjuti lagi, dan menjadi fokus kita untuk pengembangan kedepan, jangan sampai dilupakan," tutupnya. (AsF)