Camping Ground Tikus Emas

Antisipasi Banjir, BPBD Bangka Belitung Himbau Kurangi Sampah Plastik

06, November 2019 - 05:52 PM
Reporter : adithan
Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa
Kepala BPBD Bangka Belitung, Mikron Antariksa

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Menyikapi pergantian musim kemarau menuju musim penghujan di wilayah Bangka Belitung, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengajak masyarakat untuk kembali peduli terhadap dampak lingkungan, terutama banjir.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BPBD Babel, Mikron Antariksa saat awak media bertandang ke Kantor BPBD, Rabu (06/11/2019).

Dikatakan Mikron, Pencegahan kesiapsiagaan merupakan bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan dalam upaya mengantisipasi bencana, kondisi banjir yang kerap terjadi di Bangka Belitung, satu diantaranya dipengaruhi faktor  sumbatan saluran aliran air pada drainase dikarenakan banyaknya sampah sehingga aliran air tidak berjalan dengan lancar dan baik.

" Menjadi penting untuk mencintai  lingkungan sekitar dengan mengurangi limbah plastik dengan tidak membuang sampah sembarangan," tegasnya.

Banjir di Bangka Belitung, lanjut Mikron yang terjadi juga disebabkan kurang baiknya serapan air dikarenakan berkurangnya tanam tumbuh untuk dapat menahan laju air di permukaan tanah. " Karenanya menjadi penting untuk menggalakan kembali penanaman pohon karena berkurangnya tanam - tanaman yang tumbuh yang berfungsi sebagai serapan air untuk mencegah banjir," himbaunya. (AsF)