Camping Ground Tikus Emas

Menjelang HPSN, Siswa SMA Setia Budi Bersihkan Tepian Sungai Upang

19, February 2020 - 02:55 PM
Reporter : adithan
Menjelang HPSN, Siswa SMA Setia Budi Bersihkan Tepian Sungai Upang, Minggu (16/02/2020).
Menjelang HPSN, Siswa SMA Setia Budi Bersihkan Tepian Sungai Upang, Minggu (16/02/2020).

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Kabupaten Bangka --- Menjelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Sebanyak 56 orang Siswa - Siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) Setia Budi melakukan aksi bersih - bersih di kawasan sekitar Sungai Upang Desa Tanah Bawah Kecamatan Puding Besar, Minggu (16/02/2020).

Dikatakan Ketua rombongan, Della bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang telah berlangsung selama dua hari mulai dari 15 hingga 16 Februari.

" Kegiatan kami dilakukan dengan kemah sejak tanggal 15 kemarin. Selain itu kami melakukan aksi nyata dengan membersihkan kawasan Sungai Upang khususnya dari limbah pelastik," ungkap Della yang didampingi guru pembinanya Irma Suryani.

" Para siswa juga berkemah di kawasan Sungai Upang ini, serta mendapatkan beberapa materi yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan," tambahnya.

Selain melakukan pembersihan di kawasan Sungai Upang, dilakukan juga penanaman Anggrek di area konservasi pulau anggrek serta mendapatkan pembekalan dan arahan dari penggiat lingkungan sekaligus peraih penghargaan Kalpataru tahun 2015, Dian Rosana Angraini.

Sementara itu, Dian menyampaikan bahwa kegiatan yang diikuti para pelajar tersebut merupakan upaya untuk mendekatkan para generasi muda dengan alam. Terlebih lagi para generasi muda merupakan penerus bangsa kedepannya yang bertugas menjaga ekosistem alam lingkungan.

" Tujuan kita agar para generasi muda betul - betul paham secara langsung akan fungsi dari lingukungan dan kita selaku manusia sangat bergantung dengan alam," ujar Dian.

Sebagai puncak kegiatan, para siswa juga mengikuti giat pelepas liaran satwa liar yang dilaksanakan oleh ALOBI di Sungai Upang. Beberapa satwa liar baik jenis kura kura maupun unggas dilepaskan dalam kesempatan tersebut. (RAP)