https://i.ibb.co/HYYcnhk/Whats-App-Image-2020-05-14-at-9-22-21-PM.jpg

16 Destinasi Wisata Pantai di Bangka Yang Sering Dikunjungi Wisatawan

A Abu Bakar
16 Destinasi Wisata Pantai di Bangka Yang Sering Dikunjungi Wisatawan
Dokumentasi Tamu Kebabelyuk.com

Bangkaterkini.id – Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki 2 pulau besar yaitu pulau Bangka dan Pulau Belitung dan terdapat 4 kabupaten 1 kota madya di Pulau Bangka yang masing – masing kabupaten kota memiliki banyak destinasi wisata terutama destinasi wisata pantai.

Berikut daftar destinasi wisata pantai di Bangka yang sering dikunjungi wisatawan :

  1. Panntai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona adalah salah satu pantai di daerah kota sungailiat kurang lebih berjarak 1 jam dari bandara Depati Amir Pangkalpinang, Selain pantai, Tanjung Pesona merupakan Resort Bintang 4 yang banyak di kunjungi tamu wisatawan local dan manca negara terlebih lagi saat periode liburan, saat di hari hari regular pun ramai dikunjungi wisatawan. 

  1. Pantai Tikus Emas

Tidak jauh dari Pantai Tanjung Pesona, pantai Tikus Emas juga bisa dikatakan destinasi wisata pantai yang popular dan sering dikunjungi wisatawan, jarak pnati Tikus Emas dengan Pantai Tanjung Pesona kurang lebih hanya 5 menit. Selain duduk santai di bawah perpohan cemara jarum yang tersusun rapi dan teduh, para wisatawan juga bisa melakukan aktifitas waterspot seperti jetsky, banana boat dan donat boat. Bahkan ada juga media permainan Flaying Fox juga Atv yang seru dan menantang. 

  1. Pantai Tongaci

Masih di wilayah kota yang sama dengan Pantai Tangjung Pesona dan Pantai Tikus Emas, Pantai Tongaci juga terletak di Kota Sungailiat Kabupaten Bangka, hanya berjarak kurang lebih 20 menit dari Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tikus Emas. Di Pantai Tongaci pemandangannya sedikit berbeda dengan Pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tikus Emas, karena Pantai Tongaci merupakan destinasi wisata Pantai berkonsep modern ada beberapa hal yang unik yang ada di Pantai Tongaci, Deretan Patung Tentara Terrakota, Ragam Patung Hewan, Patung – patung kuda yang terbuat dari susunan kayu, koleksi mobil antic serta kendaraan tempodoloe, miniature Garuda Wisnu Kencana dan ada juga Museum Garuda. Dan yang uniknya lagi disepanjang lorong jalan dihiasi dengan ornament payung jadi terkesan unik dan instagrammebel. 

  1. Pantai Matras

Pantai Matras ini sudah Populer sejak dulu karena dulunya banyak event hiburan yang diadakan di Pantai Matras, dan juga memang Pantai Matras disukai karena memiliki tekstur pasir putih yang sangat halus dan lembut. Jarak Pantai Matras dengan Pantai Tongaci tidak jauh, kurang lebih hanya 5 menit perjalanan. 

  1. Pantan Jambosang

Nama Pantai Jambosang memang agak jarang disebut karena orang banyak Taunya dengan nama Pantai Matras karena letaknya bersebelahan. Berbeda dengan Pantai Matras, di Pantai Jambosang ini pemandangan uniknya yaitu banyak berbatuan geranit yang sangat besar dan asik jika kita berfoto – foto diatas batu – batu geranit raksasa. 

  1. Pantai Turun Aban

Hampir sama ceritanya dengan Pantai Jambosang, Pantai Turun Aban juga jarang sekali di sebut karena letaknya masih bersebelahan dengan Pantai Matras, jadi disangka orang masih sama dengan Pantai Matras, di Pantai Turun Aban ini juga memiliki banyak berbatuan Geranit yang besar yang biasa di daiki para wisatawan untuk berfoto dan juga Pantai Turun Aban juga memiliki spot senorkeling yang lumayan bagus karena tidak jauh dari tepi pantainya terdapat banyak terumbu karang yang bagus. 

  1. Pantai Parai Tenggiri

Pastina nama Pantai Parai Tenggiring Sangat sering disebut – sebut sebagai primadona wisata Bangka, karena selain pantainya yang indah, Pantai Parai Tenggiri juga memiliki resort bintang 4 yang dikelola oleh management Eljhon. Para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Patai Tenggiri rata – rata pasti melakukan aktifitas mandi air laut, selain karena pantainya yang bersih dan juga memiliki banyak tempat untuk berbilas. Lokasi Pantai Parai Tenggiri persis di sebelah Pantai Turun Aban jadi hanya menempuh perjalan mobil / motor selama 5 menit, tapi jika jalan kaki lumayan jauhnya. 

  1. Pantai Pasirpadi

Pantai Pasirpadi merupakan pantai yang paling ramai dikunjungi wisatwan karena Pantai Pasirpadi adalah pantai yang paling dekat dengan Kota Pangkalpinang jadi selalu ramai dikunjungi wisatwan, baik local , domestic maupun mancanegara. Aktifitas wisatawan yang berkunjung sangat beragam, ada yang olahraga dengan berlari – lari kecil, mandi air laut, duduk santai sambil menyantap kulinerkhas yang banyak di jual di sepanjang Pantai Pasirpadi serta banyak juga duduk santai sambil berbincang dengan teman sembari menunggu malam tiba di setiap harinya, biasanya tingkat kunjungan akan meningkat jika di hari sabtu & minggu serta periode liburan. 

  1. Pantai Batu Dinding

Pantai Batu Dinding ini berlokasi lumayan jauh dari kota Pangkalpinang, kurang lebih harus menempuh perjalan selama 2 jam jika menggunakan mobil atau motor, karena Pantai Batu Dinding ini terletak di Kota Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka, sedangka dari kota Sungai Liat berjaraqk kurang lebih 1 jam perjalanan. Pantai Batu Dinding ini merupakan Pantai yang dimiliki pribadi oleh salah seorang warga tetapi dibuka untuk masyarakat umum. Pantai Batu dinding sangatlah bersih karena di tengah – tengah halaman Pantai terdapat rumah kediaman pemilik pantai sehingga sangat sering dibersihkan. Dibeberapa sudut Pantai terdapat tumpukan batu geranit raksasa yang menerupai dinding seperti di susun oleh raksasa dijaman dahulu. 

  1. Pantai Levar

Masih dikota yang sama dengan Pantai Batu Dinding, ada Pantai yang bisa dikatakan baru yang belum banyak dikunjungi para wisatawan domestic, yaitu Pantai Levar, pantai ini merupakan pantai yang di kelola oleh masyarakat sekitar secara sewadaya dan masih alami, di pinggir pantai banyak warung – warung kecil milik warga setempat yang bisanya menjual kelapa muda, empek – empek, otak - otak dan juga kuliner khas Belinyu yaitu Pantiau Belinyu. Pantai Levar ini bisa dikatakan pantai yang memiliki spot untuk melihat sunsite yang sangat sempurna tanpa halangan. 

  1. Pantai Romodong

Selain Pantai Levar dan Pantai Batu Dinding, Pantai Romodong juga pantai yang terletak di kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka hanya saja letaknya lumayan jauh dari kedua pantai tersebut, kurang lebih harus menempuh waktu perjalan selama 40 menit jika dari Pantai Levar. Sepanjang jalan ke Kepantai Romodong akan melihat potret kehidupan masyarakat Bangka yang beraneka ragam, karena akan menempuh beberapa desa kecil yang masyarakatnya bermata pencarian petani, penambang timah dan nelayan. Bahkan jika di tahun – tahun saat ini kita bisa langsung melihat aktifitas penambangan timah yang dimiliki masyarakat secara langsung jika mau. Icon Pantai Romodong yang sering sekali kita lihat di social media yaitu gerbang pertama masuk pantai yaitu dua batu yang bersebelahan seperti buatan manusia, padahal batu tersebut berdiri secara alami tanpa di ukir apalagi di angkat oelh manusia. 

  1. Pantai Penyusuk

Jika kita sudah mengunjungi Pantai Penyusuk rugi sekali jika kita tidak mengunjungi Pantai Penyusuk ini, karena Pantai Penyusuk bisa dikatakan ujung kota Belinyu. Di Depan Pantai Penyusuk terdapat berberapa Pulau Kecil yang sirung dikunjungi wisatawan yaitu Pulau Puteri, Pulau Lampu dan Pulau Mentinggi, serta banyak juga wisatawan yang bersenorkeling di wilayah Pulau Putri. Jika kita ingin bersenorkeling di Pulau Putri kita bisa langsung untuk menyewa perahu wisata yang biasanya parkir di tepi Pantai Penyusuk. 

  1. Pantai Terentang

Pantai Terentang ini merupakan pantai di Kabupaten Bangka Tengah tepatnya di desa Terentang karena nama desanya desa Terentang jadi dinamakan juga nama Pantainya Pantai Terentang. Sedikit berbeda dengan pantai yang saya ceritakan diatas, karena di Pantai Terentang ini kita tidak akan melihat pemandangan Batu Geranit seperti pantai lainnya. Untuk mengunjungi Pantai Terentang kita harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih 40 menit dari kota Pangkalpinang. 

  1. Pantai Kembang Kemilau

Tidak begitu jauh dari Pantai Terentang, Pantai Kembang kemilau ini masih dalam kabupaten yang sama, untuk panorama alamnya kurang lebih sama dan karakter airnya pun sama hanya suasana alam sekelilingnya aja yang agak berbeda, karena sudah banyak warung – warung kecil milik warga yang berjualan beragam jenis makanan, baik dari jajanan ringan maupun makanan berat. Pantai ini tidakhanya dikunjungi wisatawan yang memang datang untuk berlibur tetapi juga banyak orang yang mampir hanya untuk beristirahat karena letaknya tidak jauh dari jalan raya Pangkalpinang Koba Toboali, jadi sangat starategis. 

  1. Pantai Batu Kapur

Untuk mengunjungi Pantai Batu Kapur ini, kita harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih 1jam 30 menit dari kota Pangkalpinang, karena Pantai Batu Kapur ini terletak di Kabupaten Bangka Selatan yaitu kota Toboali, jika kita mengunjungi Pantai Batu Kapur lebih baiknya disore hari karena kita dapat melihat pemandangan Sunsite saat matahari terbenam. Ditepi pantai juga banyak warung – warung kecil yang menjual makanan – makanan ringan untuk bersantai dan banyak juga yang berjualan kelapa muda. 

  1. Pantai Tanjung Kerasak

Salah satu primadona Kabupaten Bangka Selatan yaitu Pantai Tanjung Kerasak, karena panorama alamnya sangat bagus, banyak juga berbatuan geranit dan air pantai yang bersih di tambah lagi hamparan pasir putih yang membuat nyaman banyak wisatawan. Untuk datang ke Pantai Tanjung Kerasak ini lumayan memakan waktu, kurang lebih 2jam 15menit perjalanan karena masih melewati kota Toboali. 

Ada banyak destinasi wisata pantai lainnya yang tidak kami ulas di atas, hanya saja destinasi wisata pantai yang diatas merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi para wisatawan baik wisatawan domestic maupun wisatawan manca negara, dan juga semua pantai diatas jika ingin kita kunjungi semua lumayan memakan waktu yang lama karena letaknya tidak berdekatan walaupun masih dalam 1 pulau Bangka.

A Abu Bakar
Burung Jenis 'Lovebird' di Fatama Birds Shop, Diskon Besar - Besaran
Berita Bangka

Burung Jenis 'Lovebird' di Fatama Birds Shop, Diskon Besar - Besaran

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Dalam,

Guna Ciptakan Keahlian, LPPA III A Tandatangani MOU Dengan Beberapa Instansi
Pangkalpinang

Guna Ciptakan Keahlian, LPPA III A Tandatangani MOU Dengan Beberapa Instansi

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Lembaga Pemasyarakatan Perempuan dan Anak,

Sempat Dikeluhkan, Kolam Renang Aquatic Desa Beluluk Sudah Uji Kelayakan
Berita Bangka

Sempat Dikeluhkan, Kolam Renang Aquatic Desa Beluluk Sudah Uji Kelayakan

Bangka Terkini, Koba --- Meski sempat dikeluhkan oleh beberapa,

Tanpa Ibu Kite, Relawan Eksis Tetap Semangat Blusukan
Pangkalpinang

Tanpa Ibu Kite, Relawan Eksis Tetap Semangat Blusukan

Bangkaterkini.com, Pangkalpinang --- Meskipun tanpa kehadiran "Ibu Kite" Tim tetap solid,

Oknum Polisi Yang Lakukan Kekerasan, di Non-jobkan Dari Jabatannya
Berita Bangka

Oknum Polisi Yang Lakukan Kekerasan, di Non-jobkan Dari Jabatannya

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Oknum Polisi (AKBP Y) yang,

Babi Terbang Meninggal Dunia, Liverpool Berduka
Olah Raga

Babi Terbang Meninggal Dunia, Liverpool Berduka

Bangkaterkini.com ---- Selamat jalan Tommy Lawrence, yang merupakan kiper andalan,

Polsek Bukit Intan, Tangkap 2 Pengerit BBM
Berita Bangka

Polsek Bukit Intan, Tangkap 2 Pengerit BBM

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Polisi Sektor (Polsek) Bukit Intan,

Gratis.. Mehoa Adakan Lomba Vlog Tentang Bung Karno dan Pancasila
Berita Bangka

Gratis.. Mehoa Adakan Lomba Vlog Tentang Bung Karno dan Pancasila

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Bangka Tengah ---,

Nature