Camping Ground Tikus Emas

Donor Darah di Balai Desa Dalil, Terkumpul 30 Kantong Darah

12, July 2020 - 12:48 AM
Reporter : adithan
Karang Taruna Desa Dalil, Pemdes Dalil, PMI Bangka, Puskesmas Bakam, Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, serta BKPRMI Bangka gelar kegiatan donor darah di Balai Desa Dalil, Sabtu (11/07/2020).
Karang Taruna Desa Dalil, Pemdes Dalil, PMI Bangka, Puskesmas Bakam, Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, serta BKPRMI Bangka gelar kegiatan donor darah di Balai Desa Dalil, Sabtu (11/07/2020).

BANGKA TERKINI - KABUPATEN BANGKA --- Karang Taruna Desa Dalil, Pemdes Dalil, PMI Bangka, Puskesmas Bakam, Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, serta BKPRMI Bangka berhasil kumpulkan 30 Kantong Darah, Sabtu (11/07/2020).

Kegiatan yang disertai dengan pemeriksaan kesehatan gratis ini dimulai sejak pagi hingga siang hari yang bertempat di Balai Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka. Banyaknya masyarakat yang hadir serta menyumbangkan darahnya, melebihi target yang diperkirakan panitia pelaksana sebelumnya.

" Sebelumnya kita menargetkan jumlah calon pendonor sebanyak 25 orang. Ternyata antusiasme masyarakat cukup tinggi.  Yang mendaftar lebih dari 45 orang dan berhasil mengumpulkan 30 kantong darah," ungkap Ketua Pelaksana Kegiatan, M. Ridwan yang didampingi Ketua Karang Taruna Desa Dalil, M. Aldan.

Koordinator Komunitas Pendonor Darah (KPD) Bangka, Chinoy Aryanto merasa senang dengan antusiasnya pendonor. Menurutnya, jumlah tersebut cukup banyak untuk pelaksanaan donor darah bersama perdana di Desa Dalil.

" Alhamdulillah kesadaran masyarakat khususnya kaum muda di Desa Dalil untuk mendonorkan darahnya cukup tinggi. Terlihat para pendonor masih cukup muda dan kebanyakan donor merupakan pemula," tutur Chinoy.

Sebelum melakukan kegiatan donor darah, seluruh calon pendonor telah dilakukan pengecekan kesehatan sesuai dengan prosedur pencegahan penyebaran covid-19. Mulai dari disediakannya sarana cuci tangan di pintu masuk, menggunakan masker hingga pengecekan suhu tubuh menggunakan termogun.
Seluruh pendonor yang telah menyumbangkan darahnya diberikan bingkisan berupa satu karung beras 5 kg.

Kepala Desa Dalil yang diwakili Sekretaris Desa, Iskandar menyampaikan apresiasi serta ucapan terimakasih atas dilangsungkannya kegiatan donor darah ini. Dirinya menyampaikan, pihaknya (Pemerintah Desa_red) akan terus berupaya mendukung segala kegiatan positif yang dilaksanakan di wilayahnya.

" Kami sangat mendukung masyarakat untuk melakukan kegiatan donor darah. Karena donor darah merupakan salah satu upaya untuk beramal dan memberikan manfaat kepada orang lain. Semoga pendonor hari ini juga dianggap sebagai amal jariah," ujar Iskandar.

Sementara itu, terkait kebutuhan darah khususnya di Kabupaten Bangka sangat tinggi. Menurut Koordinator Lapangan PMI Bangka, Tego menyampaikan permintaan darah di PMI Bangka mencapai 11 hingga 12 kantong perhari, hal tersebutlah yang menyebabkan stok darah di PMI kerap kosong.

" Setiap hari permintaan darah di PMI Bangka mencapai sebelas hingga dua belas kantong. Sedangkan, pendonor membutuhkan waktu tiga bulan untuk mendonorkan kembali darahnya. Dengan mengusung tema menjadikan donor darah sebagai gaya hidup sehat sangatlah tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut," ungkap Tego.

Lebih lanjut, Ketua BKPRMI Bangka Hari Subari mengungkapkan kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk stimulus bagi para pemuda khususnya remaja masjid untuk turut ambil peran dalam kepeduliaan sesama manusia. Karena donor darah juga merupakan amal baik yang dapat dilakukan secara rutin.

" Bahkan pendonor kali ini ada yang masih berusia 18 tahun. Semoga hal ini dapat memacu bagi remaja yang lain untuk turut serta," ujar Hari. Rangkaian kegiatan tersebut juga dihadiri Kepala Puskesmas Bakam, dr. Ricky Harry yang turut mendampingi timnya dalam melakukan pemeriksaan kesehatan di pintu masuk. (Rap) 

Berita Terkait