Camping Ground Tikus Emas

Mahasiswa KKN UBB Parit Padang Gelar Tutorial Pembuatan Disinfektan

20, July 2020 - 03:41 PM
Reporter : adithan
doc : Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) di Parit Padang Kabupaten Bangka
doc : Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) di Parit Padang Kabupaten Bangka
doc : Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) di Parit Padang Kabupaten Bangka

BANGKA TERKINI - KABUPATEN BANGKA --- Mahasiswa KKN Universitas Bangka Belitung (UBB) di Parit Padang laksanakan program kerja berupa sosialisasi tutorial pembuatan disinfektan kepada warga  di Balai Pemberdayaan Kesejahteraan keluarga (PKK) Kelurahan Parit Padang, Senin (20/07/2020).

Kegiatan ini di hadiri dan diwakili oleh setiap ketua RT Kelurahan Parit Padang yang terdiri kurang lebih 11 orang, dibatasinya warga yang hadir mengingat kondisi yang harus tetap menyesuaikan protokol kesehatan. Selanjutnya harapan kepada ketua RT yang hadir ialah bisa membagikan informasi kepada warga yang lain.

Kegiatan ini berjalan lancar dengan dibuka sesi pertama tutorial dan kemudian sesi tanya jawab. Adapun tutorial pembuatan disinfektan dipraktikkan langsung oleh Anis Nurohma, dan Melan Akuri yang merupakan mahasiswa asal jurusan kimia dalam kelompok KKN ini. Dalam praktek tutorial ini Anis dan kawan-kawan menggunakan bahan
4 tutup botol pemutih pakaian / setara dengan 30 mL dicampur dgn 1 L air.

Adapun kegunaan disinfektan ialah untuk membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus pada permukaan benda seperti permukaan lantai, meja, gagang pintu dan permukaan lain yang sering disentuh. Kemudian, sesi tutorial dilanjutkan dengan sesi diskusi antar mahasiswa dan warga yang hadir terkait adanya pemaparan yang kurang dimengerti hingga bahasan mengenai efek samping dari bahan-bahan kimia dalam disinfektan yang tidak boleh digunakan secara berlebihan. Setelah sesi diskusi, masyarakat yang hadir dipersilakan untuk mempraktikkan sendiri cara membuat disinfektan.

Selaku ketua KKN Parit padang, Nazrun merasa senang atas lancarnya kegiatan yang merupakan kegiatan pertama  dirinya dan anggota KKN turun lapangan serta berinteraksi langsung dengan warga Kelurahan Parit Padang itu sendiri, mengingat interaksi sosial masih dibatasi menyesuaikan pandemi covid-19 ini.

" Untuk Pemaparannya sudah baik karna kami sangat memahami apa yang disampaikan, untuk kedepannya semoga adik-adik mahasiswa ini bisa lebih meningkatkan wawasan dan lebih bisa banyak berbagi bersama kami," ujar Riva Iskandar, salah satu kepala lingkungan Desa yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Selanjutnya Kegiatan ini pun ditutup dengan pembagian disinfektan kepada semua warga yang hadir dan sesi foto bersama serta rekaman video dengan menyuarakan jargon dari kelompok mahasiswa KKN Parit Padang, yaitu "Semangat Beramal". (*)

Penulis : (Mely Handiati peserta KKN UBB di Parit Padang)