Camping Ground Tikus Emas

BPBD Pangkalpinang Gelar Kegiatan Peningkatan Petugas Logistik dan Peralatan

04, November 2020 - 11:22 PM
Reporter : adithan
BPBD Kota Pangkalpinang gelar kegiatan peningkatan kapasitas petugas logistik dan peralatan.
BPBD Kota Pangkalpinang gelar kegiatan peningkatan kapasitas petugas logistik dan peralatan.

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- BPBD Kota Pangkalpinang gelar kegiatan peningkatan kapasitas petugas logistik dan peralatan.

Kegiatan tersebut diikuti 40 petugas terpilih di internal BPBD Pangkalpinang dan digelar selama 3 hari mulai dari tanggal 02/11/2020 hingga 04/11/2020 yang bertempat di Bangka City Hotel dan Kantor BPBD Kota Pangkalpinang.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Pangkalpinang, Izwarhadi menjelaskan kegiatan tersebut tidak lain untuk memperkuat tim agar lebih sigap saat terjadi bencana. " Untuk Peserta juga pemateri dan instruktur langsung dari BPBD Pangkalpinang, karena harus melatih orang yang ada diinternal terlebih dahulu, agar mudah melatih relawan nantinya," ungkapnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan yakni mulai dari pengenalan tentang bencana hingga simulasi darurat bencana. Pada hari pertama dilakukan Darurat Bencana dan Kerjasama Multi Pihak, Kaji Cepat Bencana, Logistik dan Peralatan PB, dan sistem informasi Logistik dan Peralatan.

Hari kedua, dengan materi manajemen Shelter, Posko PB dan Pos Lapangan, Manajemen logistik, Peralatan, Pergudangan. Sedangkan hari ke tiga dengan materi simulasi darurat bencana yang dilakukan di Kantor BPBD Pangkalpinang.

Ditegaskan Izwarhadi melatih seseorang itu harus dengan skema, agar bisa karena terbiasa. Pasalnya bencana itu datang pasti tiba - tiba. 

" Tugas kita memberikan pelayanan yang prima saat terjadi bencana. Jadi harus siaga dalam keadaan apapun, terutama kesiapan dari para tim baik dari mental hingga logistik dan peralatan di BPBD Pangkalpinang," tegasnya.

" Selain itu kita juga ingin Satuan Reaksi Cepat lebih paham dan mengerti tugas masing - masing saat terjadi bencana," harapnya. (AsF)