Camping Ground Tikus Emas

Audiensi Dengan Mendikbud RI, Erzaldi Ajukan 6 Poin Dukung Pendidikan di Bangka Belitung

15, January 2021 - 09:00 AM
Reporter : adithan
Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman saat Audiensi Dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem, Kamis (15/01/2021).
Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman saat Audiensi Dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem, Kamis (15/01/2021).

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Audiensi secara virtual dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia (RI) Nadiem Makarim, Gubernur Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman sampaikan Enam poin guna mendukung dunia pendidikan di Babel.

Disampaikan Erzaldi, ini merupakan usaha yang selaras dengan misi nya sebagai Gubernur untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bangka Belitung. Selain itu, kata Erzaldi penyampaian enam poin ini sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi menuju pendidikan Indonesia yang lebih baik dan lebih maju, sehingga mampu mencetak SDM yang berkualitas dan berdaya saing.  

" Memajukan suatu daerah atau bangsa bisa kita lakukan dengan mengutamakan SDM,  ketika SDM sudah unggul, kita memiliki daya saing yang tangguh," ungkap Erzaldi, Kamis (15/01/2021)

Didampingi oleh Dinas Pendidikan dan Pertanian Babel, Erzaldi mengajukan enam poin yakni meminta dukungan akses pendidikan tentang pendirian Unit Sekolah Baru (USB) dalam rangka peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Bangka Belitung yang masih rendah. Kemudian, dukungan pendirian Politeknik Pertanian Negeri Bangka Belitung.

" Lalu, Kekurangan pendidik dan tenaga kependidikan, terutama guru produktif SMK. Kemudian dukungan SMK program Badan Layanan UmumDaerah (BLUD) dan SMK Pusat Keunggulan (PK). Dukungan menjadi provinsi penyelenggara Tes Programme for International Student Assessment (PISA) 2022. Serta Pendirian Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (Tekomdik)," jelasnya.

Dalam Audiensi tersebut, Mendikbud Nadiem mengapresiasi permohonan atau pengajuan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung yang inspiratif, inovasi dan semangat membangun Negeri.  Untuk Enam poin ini yang di sampaikan Gubernur Babel Erzaldi, kata Nadiem harus dilakukan pengajuan tambahan anggaran kepada Kementerian Keuangan RI karena penganggaran tahun 2021 sudah terbit.

" Permohonan yang berkaitan dengan dukungan anggaran belum bisa langsung ditindak lanjuti, tetapi untuk yang lainnya akan dipelajari dan segera ditanggapi," ucapnya. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Erzaldi menyampaikan selanjutnya Dinas Pendidikan dan Dinas Pertanian Babel akan menindaklanjuti sesuai arahan dari Mendikbud. Sedangkan, untuk rencana pendirian Politeknik Pertanian Negeri Bangka Belitung, Kepala Dinas Pertanian akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pentanian RI. Karena berdasarkan pernyataan Mendikbud RI, Menteri Pertanian sudah membuka kesempatan untuk pengajuan ini. 

Untuk kebutuhan tenaga pendidik di Babel, Menteri Nadiem Makarim mengatakan bahwa, permohonan ini merupakan program nasional yang akan ditindaklanjuti berdasarkan data formasi guru dan jumlah kebutuhan dari pemerintah daerah.

" Bentuk dukungan belum bisa diputuskan, karena harus melewati beberapa kajian terlebih dahulu, agar kita bisa mengambil  kebijakan yang tepat," pungkas Erzaldi. (**)