Camping Ground Tikus Emas

Bank Indonesia dan Pemda Bangka Tengah Tanda Tangani MOU Cluster Bawang merah

11, March 2021 - 04:34 PM
Reporter : adithan
Bank Indonesia dan Pemda Bangka Tengah Tanda Tangani MOU Cluster Bawang merah
Bank Indonesia dan Pemda Bangka Tengah Tanda Tangani MOU Cluster Bawang merah

BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH --- Bank Indonesia (BI) kantor wilayah Bangka Belitung sepakat tandatangani MOU kesepakatan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, kawasan clauster bawang merah bertempat di desa puput, kecamatan Simpang Katis, Rabu (10/03/2021).

Bupati Algafry Rahman mengatakan, Bangka Tengah sudah menjadi kawasan Sentra pengembangan bawang merah yang dana nya bersumber dari APBD 1 dan APBD 2 serya APBN sejak 2015.

" Kemudian di tahun 2020 Bank Indonesia (BI) memberikan  bantuan berupa pengembangan demplot bawang merah, instore drayer dan gudang pasca panen di Poktan desa lubuk besar dalam rangka mendukung pasca panen bawang merah di Bangka Tengah," ungkapnya.

" Pada tahun 2020 pengembangan tanaman bawang merah dana nya bersumber dari APBD 1 APBD 2 dan dana dari kementrian Pertanian seluas 25,75 H. Sedangkan di tahun 2021 ini Bangka tengah akan melakukan pengembangan dan penanaman bawang merah seluas 20 H yang dana nya bersumber dari APBD bangka tengah dan APBN," jelasnya.

Bupati juga menambahkan, untuk meningkatkan kemampuan Petani bawang merah, pemda telah melaksanakan kegiatan Sekolah lapang good agriculture practise (SL GAP), sekolah lapang pengendalian Hama Terpadu (SL PHT) dan terbentuknya Asosiasi petani bawang merah di Bangka Tengah.

" Dengan harapan bisa terwujudnya tata kelola budidaya  yang baik, sehingga menghasilkan produksi dan prodktivitas bawang merah untuk kesejahteraan Petani Bawang Merah," tutupnya. (BOM)