Giat Aksi Iklim 2021, PT. Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir Menanam Bibit Mangrove

A Abu Bakar
Giat Aksi Iklim 2021, PT. Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir Menanam Bibit Mangrove
Dokumen Kegiatan

BANGKA BELITUNG TERKINI, BANGKA TENGAH -- Kamis, (26/08/2021) PT. Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir melalui Komunitas Peduli Hijau Botanical Group dalam Rangka memperingati Hari Konservasi Alam Nasional menyelenggarakan kegiatan Penanaman 3000 bibit Bakau (Rhizophora spp.) di Pantai Desa Kebintik, Bangka Tengah dan dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah.

Dalam acara tersebut, PT. Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir melalui Botanical Group juga menyerahkan berbagai bantuan alat penunjang lapangan, penelitian, pariwisata, dan kebersihan. Diantaranya berupa Jas Hujan kepada Makorem 045/Gaya dan Dit. Polairud Polda Kep. Babel, Bibit Buah Produktif kepada Bidang Pengendalian Lingkungan Hidup DLHK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Action Cam GoPro Hero 5 kepada DLH Kab. Bangka Tengah, Tenda Sewa kepada Pokdarwis Pantai Tapak Hantu Desa Batu Belubang, dan Tong Sampah kepada Pemerintah Desa Kebintik, Bangka Tengah.

Selain itu akan dilakukan penyulaman sebanyak 1000 bibit bakau di lokasi kegiatan utama, dan 1000 bibit di Taman Edukasi Mangrove Pantai Tapak Hantu Desa Batu Belubang yang telah dilakukan giat penanaman tahun lalu. Total penanaman bakau di dua Desa ini adalah sebanyak 5000 bibit bakau, dimana PT. Pertamina (Persero) DPPU Depati Amir menjadi sponsor utama dalam kegiatan penanaman serta perawatan tanaman tersebut hingga bulan Desember nanti melalui Komunitas Peduli Hijau Botanical Group.

"Satu hektar hutan bakau mampu menyerap dan menyimpan karbon hingga empat kali lebih banyak daripada hutan hujan tropis, tidak hanya itu, bakau juga berperan sebagai penyaring alami yang bisa mengurai limbah organik dan zat-zat kimia yang berpotensi mencemari laut, mencegah Abrasi, Erosi, bahkan Intrusi Air Laut dan sebagai pembentukan Ekosistem yang semua itu berdampak pada pencegahan Pemanasan Global yang mempengaruhi Iklim dan Cuaca. Sebab itu kami ucapkan Terimakasih kepada PT. Pertamina DPPU Depati Amir yang telah mempercayai kami, Botanical Group sebagai Mitra pelaksana kerja Proklim ini" Ujar Dudi mewakili Botanical Group.

"Kepada BPDASHL Batu rusa Cerucuk, DLHK Prov. Kep. Babel, dan DLH Kab. Bangka Tengah atas segala dukungan dan kerja samanya. Kepada Makorem 045/Gaya, Dit. Polairud Kep. Babel, Gerakan Pramuka yang kali ini diwakili Gudep Pangkalpinang 03-033 yang senantiasa turut serta dalam setiap kegiatan Botanical Group, dan Pemerintah Kab. Bangka Tengah, Pemdes Batu Belubang, dan Pemdes Kebintik sebagai Tuan Rumah kami ucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja samanya" Ujar Dudi mewakili Botanical Group dalam sambutannya.

"Apa yang telah dilakukan seperti hari ini perlu dijaga bersama oleh seluruh elemen masyarakat, jangan hanya tanam lalu ditinggalkan, perawatan dan pemantauan berkala secara bersama perlu dilakukan setelah penanam, dan Beliau mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara dan PT. Pertamina DPPU Depati Amir sebagai penyandang dana" Ungkap Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, S.T. Rahman, S.T. didampingi Wakil Bupati Bangka Tengah, Herry Arfian, S.T. saat memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Ibu Ratih, S.T., M.I.L. mewakili DLH Kab. Bangka Tengah Menyampaikan "Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) merupakan indikator keberhasilan Pemerintah dalam pengelolaan lingkungan hidup. Komponen perhitungan IKLH terdiri dari Indeks Kualitas Air (IKA), Indeks Kualitas Udara (IKU), Indeks Kualitas Air Laut (IKAL), Indeks Kualitas Lahan (IKL). Kegiatan ini merupakan bentuk salah satu langkah Rehabilitasi Lahan Kritis merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan IKLH melalui komponen IKL. Selain itu penanganan penambangan timah di laut perlu dilakukan agar sedimentasi akibat penambangan timah tidak menganggu pertumbuhan ekosistem mangrove dan juga untuk meningkatkan IKAL"

"Ini merupakan wujud komitmen kami atas kepedulian dan usaha untuk menjaga dan meningkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) seperti yang telah dijelaskan oleh ibu Ratih yang mewakili DLH Kab. Bangka Tengah, dan ini merupakan tahun kedua dari lima tahun pelaksanaan Proklim DPPU Depati Amir" Ujar Pak Nurul Awal selaku Operation Head DPPU Depati Amir PT. Pertamina (Persero).(AF)

A Abu Bakar
Timah Lesu, Dr. Dwi Haryadi : Waspada Kriminalitas!
Berita Bangka

Timah Lesu, Dr. Dwi Haryadi : Waspada Kriminalitas!

Berita Bangka Belitung - Bangka Terkini, Pangkalpinang ---,

PT. PLN Babel Gelar Kegiatan Penghijauan di Kampung Rasau
Pangkalpinang

PT. PLN Babel Gelar Kegiatan Penghijauan di Kampung Rasau

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Dalam rangka pembangunan taman kota,

TCOF Seasion 4, Pemkab Basel Kenalkan Budaya 'Nganggung'
Bangka Selatan

TCOF Seasion 4, Pemkab Basel Kenalkan Budaya 'Nganggung'

Bangka Terkini, Toboali --- Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan (Basel),,

AFP Babel, Kongres Luar Biasa ' Pemilihan Komite Eksekutif '
Berita Bangka

AFP Babel, Kongres Luar Biasa ' Pemilihan Komite Eksekutif '

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Kepulauan,

Ini Isi Dialog 2 Menteri dengan Pelajar dan Mahasiswa di Babel
Berita Bangka

Ini Isi Dialog 2 Menteri dengan Pelajar dan Mahasiswa di Babel

Bangka Terkini, Pangkalpinang --- Kehadiran Menteri Komunikasi dan Informatika,

Realisasi Pajak Baru 40%, Dewan Dorong OPD di Bangka Tengah Gali Potensi
Bangka Tengah

Realisasi Pajak Baru 40%, Dewan Dorong OPD di Bangka Tengah Gali Potensi

BANGKA BELITUNG TERKINI - BANGKA TENGAH - Belum seimbangnya,

'Bentuk Koin' Walikota Pangkalpinang Resmikan Tugu Titik Nol Kilometer Bangka
Pangkalpinang

'Bentuk Koin' Walikota Pangkalpinang Resmikan Tugu Titik Nol Kilometer Bangka

BANGKA TERKINI - PANGKALPINANG --- Walikota Pangkalpinang, Maulan Aklil,