Camping Ground Tikus Emas

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Bangka Tengah Tenggelamkan Terumbu Karang Buatan

31, October 2021 - 07:07 PM
Reporter : adithan
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Bangka Tengah Tenggelamkan Terumbu Karang Buatan
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Bangka Tengah Tenggelamkan Terumbu Karang Buatan

PENULIS ILHAM FEBRY, BANGKA TERKINI - BANGKA TENGAH - DPD KNPI Bangka Tengah menenggelamkan terumbu karang buatan di pulau ketawai untuk melestarikan Biota Laut yang bekerjasama dengan kelompok masyarakat konservasi Biota Laut Besampan Kurau serta Diving Club Universitas Bangka Belitung, Minggu (31/10/2021).

Penenggelaman terumbu karang buatan ini berjumlah 10 buah dengan bentuk 5 bola menyerupai virus corona, 1 suntikan, 2 pipa panjang, dan 1 buah tulisan sumpah pemuda serta 1 buah menyerupai bentuk daun.

Ketua KNPI Bangka Tengah Sepriyandi mengatakan kegiatan vaksinasi laut ketawai ini bertujuan untuk menjaga ekosistem laut, dan juga merupakan rangkaian kegiatan KNPI dalam memperingati hari sumpah pemuda ke 93.

"Kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian alam, karena apabila ekosistem laut tercemar bisa berdampak negatif pada habitat hewan yang hidup di laut, biota laut dan penurunan kualitas lingkungan pesisir. Serta apabila laut tercemar maka akan merusak ekosistem yang ada di laut termasuk terumbu karang yang penting bagi laut," ungkapnya.

"Semoga kesadaran masyarakat untuk menjaga laut semakin tinggi, karena laut memiliki manfaat yang banyak sekali, termasuk terumbu karang yaitu di mana ikan ikan banyak sekali mencari makanan di sekitar nya, sehingga kita harus melestarikannya," harapnya.

Sementara itu, Hendra Ketua pelaksana kegiatan dan juga sebagai OKK KNPI Bangka Tengah menyebutkan, penenggelaman karang buatan dan sekaligus melakukan aksi bersih pantai di pulau ketawai ini bertujuan untuk menjaga kualitas air laut dan terumbu karang yang di akibatkan banyak nya nutrient dalam air yang di sebabkan oleh sampah organik maupun anorganik yang di buang ke laut.

"Dengan adanya kegiatan ini kami mengajak masyarakat untuk menjaga serta jangan membuang sampah ke laut, karena akan mengancam ekosistem yang ada di laut, seperti terumbu karang. karena di terumbu karang lah hewan - hewan yang ada di laut mencari makan serta berkembang biak dengan baik, maka dari itu marilah kita menjaga laut kita karena laut banyak sekali manfaat nya bagi kehidupan manusia," pungkasnya. (BOM)